Pesona 7 air terjun ini tiada dua, rutenya juga tak terlupakan

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Pesona 7 air terjun ini tiada dua, rutenya juga tak terlupakan

Pesona 7 air terjun ini tiada dua, rutenya juga tak terlupakan

KEPONEWS.COM - Pesona 7 air terjun ini tiada dua, rutenya juga tak terlupakan Air terjun sering jadi spot wisata pilihan saat hendak berlibur. Tak melulu perihal air, banyak sekali flora dan fauna yang unik di sekitar air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa ber...
Loading...

Air terjun sering jadi spot wisata pilihan saat hendak berlibur. Tak melulu perihal air, banyak sekali flora dan fauna yang unik di sekitar air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri. Kamu bisa bersantai sambil menikmati sejuknya alam ketika berwisata di air terjun. Segala penat pun bisa enyah seketika.

Air terjun di Indonesia sering terletak di pelosok daerah. Situasi ini membuatmu bisa menikmati sebuah perjalanan seru melewati banyak sekali pemandangan indah di sepanjang jalan. Bentangan sawah hingga deretan perbukitan bisa kamu nikmati selama perjalanan. Tak hanya berwisata di lokasi air terjun, kamu juga bisa rileks menikmati perjalanan.

Kamu bisa mengajak teman-temanmu sambil road trip bareng menuju lokasi air terjun favoritmu. Perjalanan bersepeda motor bersama sahabat satu geng pasti jadi pengalaman tak terlupakan. Bebas macet dan cepat sampai, sepeda motor bisa jadi alternatif transportasimu untuk liburan ke air terjun.

Nah, kira-kira air terjun di Indonesia tuh mana saja sih yang keren banget? Rutenya seperti apa? Berikut disarikan dari banyak sekali sumber, Senin (17/9), tujuh air terjun indah yang mempunyai rute tak terlupakan.

1. Air terjun dua warna, Sibolangit, Sumatera Utara.

foto: shutterstock.com

Dari namanya, kamu pasti penasaran dengan keindahan air terjun satu ini. Air terjun dua warna di Sibolangit, Sumatera Utara ini mempunyai warna biru dan bening. Kamu bisa menjangkau lokasi ini dengan pertama menuju Bumi Perkemahan Sibolangit. Di sepanjang perjalanan menuju bumi perkemahan ini, kamu akan disuguhi deretan perbukitan dan hijaunya pepohonan di sepanjang jalan.

Setelah sampai di Bumi Perkemahan Sibolangit, kamu masih harus lagi mendaki selama 2-3 jam. Pemandangan hutan asri selama pendakian membuat lelahmu hilang seketika. Jiwa petualangmu akan semakin terpuaskan ketika berhasil mencapai air terjun dua warna ini.

2. Air terjun Sri Gethuk, Yogyakarta.

foto: jejakadventure.info

Yogyakarta mempunyai banyak wisata alam menarik, salah satunya air terjun Sri Gethuk ini. Terletak di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunungkidul, air terjun ini memberikan pemandangan luar biasa. Airnya sendiri tak langsung jatuh ke sungai melainkan ke bebatuan karst di sekitar sungai. Alhasil, peredaran air terjun ini terlihat cantik dan berbeda dari yang lain.

Untuk mencapai air terjun ini, kamu bisa mengambil Jalan Wonosari ke Patuk. Sesampainya di pertigaan Lanud TNI AU (Lapangan Gading), ambil kanan menuju Playen. Papan tanda menuju air terjun ini akan ada di sepanjang rute tersebut. Di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi asrinya sisi lain Yogyakarta. Banyak sekali aktivitas santai warga juga bisa kamu nikmati di sepanjang perjalanan.

3. Air terjun Nglirip, Tuban, Jawa Timur.

foto: piknikasik.com

Air terjun ini mempunyai pemandangan alam yang asri. Tak hanya itu, air terjun Nglirip mempunyai ketinggian hingga 25-30 meter, membuat keindahannya terpampang nyata.

Kamu bisa dengan mudah mencapai air terjun ini. Dari terminal Bojonegoro, kamu bisa melaju ke arah daerah Jatirogo. Setelah sampai di Jojogan, kamu bisa mencari papan tanda air terjun Nglirip. Kurang lebih 1 km, kamu bisa menemui objek wisata terkenal ini.

Di sepanjang perjalanan menuju air terjun ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang masih hijau dan segar. Sampai di air terjun ini, lelahmu pasti akan terbayar dengan indahnya air terjun Nglirip ini.

4. Air terjun Aling-Aling, Bali.

foto: Instagram/@potretbali

Bali tak hanya terkenal dengan pantainya yang indah. Kamu bisa menemukan keindahan air terjun di Pulau Dewata ini. Air terjung Aling-Aling ini berada di Jalan Raya Desa Sambangan, Kabupaten Buleleng.

Kamu bisa mencapai air terjun ini dari Denpasar menuju arah Singaraja. Perjalanan mencapai Balai Desa Sambangan bisa mencapai dua jam. Dari sana, kamu akan menemukan tanda penunjuk lokasi. Sesampainya di lokasi, kamu hanya perlu berjalan sedikit sambil menikmati pemandangan yang ada. Kamu benar-benar bisa menikmati indahnya Bali selama menempuh perjalanan ke air terjun Aling-Aling Bali.

5. Air terjun Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

foto: Instagram/@doygodoy16

Air terjun biasanya mengalir ke sungai yang ada di bawahnya, tapi tidak dengan air terjun Mursala. Air terjun ini terletak di sebuah pulau dan airnya langsung ke laut.

Kamu bisa mencapai air terjun ini dengan menuju ke Sibolga. Sampainya di daerah tersebut, kamu bisa menuju Pulau Mursala dengan menaiki kapal boat. Deburan ombak dan segarnya angin laut bisa kamu nikmati di sepanjang perjalanan. Unik dan berbeda, air terjun Mursala ini cocok kamu jadikan spot liburan impianmu.

6. Air terjun Maddenge, Maros, Sulawesi Selatan.

foto: Instagram/@visit_sulsel

Beda dari yang lain, air terjun Maddenge, Maros yang ada di Sulawesi Selatan ini lokasinya berada di antara celah tebing. Kamu bisa mencapai spot ini dengan menuju Dusun Maddenge melewati Jalan Poros Maros-Bone. Sesampainya di sana, jangan takut untuk bertanya dengan orang lokal di Desa Pattiro Deceng. Di sepanjang perjalanan, kamu bisa menemui banyak sekali orang yang ramah dangan para traveller.

7. Air terjun Sendang Gile, Lombok.

foto: dilombok.com

Lombok mempunyai banyak sekali pesona alam yang menarik seperti air terjun. Salah satu spot yang paling menarik ialah air terjun Sedang Gile di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Menariknya, air terjun ini terdiri dari dua tingkat. Air pertama muncul dari atas tebing dan jatuh di kolam di bawahnya. Nantinya, air dari kolam ini akan meluncur ke bawah menuju sungai yang menjadi alirannya. Alhasil, air terjun Sedang Gile ini memberikan sensasi menikmati alam yang tak ada duanya.

Kamu bisa mencapai air terjun ini dari kota Mataram menuju Hutan Pusuk. Air terjun ini berada di daerah Taman Nasional Gunung Rinjani. Di sepanjang perjalanan, kamu bisa menikmati indahnya alam dan rindangnya pepohonan.

Indahnya ketujuh air terjun di atas semakin melengkapi keseruan menikmati pemandangan aduhai di sepanjang rute perjalanan. Apalagi kalau menjalaninya dengan naik motor ala-ala touring, wah... bisa jadi momen tak terlupakan, nih.

Biar perjalananmu makin yahud, kamu bisa mengandalkan Yamaha Lexi. Sepeda motor matic terbaru dari Yamaha ini siap menjadi sahabat setiamu melahap perjalanan menuju tujuh air terjun di atas. Ruangan pijakan kaki yang luas membuatmu jadi nyaman berkendara. Ukuran seat yang lebih panjang juga membuat rider dan penumpang betah saat perjalanan panjang. Suspensi bertipe Sub-Tank dengan ban Tubeless wide siap melibas jalanan yang tak rata. Tak takut lagi deh melibas jalanan berlubang atau bergelombang saat memakai Yamaha Lexi.

foto: Yamaha

Tak lupa, fasilitas charger yang ada di sepeda motor matic ini bisa menyelamatkan smartphonemu saat baterainya lemah. Kapasitas bagasi yang luas hingga 12,8 liter juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan banyak sekali perlengkapan piknik saat menuju tujuh air terjun ini. Penasaran? Kamu bisa mengetahui lebih lanjut info Yamaha Lexi di sini.

Comments