Pesawat NASA Juno Akan Menjajal Bintik Merah Raksasa Jupiter

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pesawat NASA Juno Akan Menjajal Bintik Merah Raksasa Jupiter

Pesawat NASA Juno Akan Menjajal Bintik Merah Raksasa Jupiter

KEPONEWS.COM - Pesawat NASA Juno Akan Menjajal Bintik Merah Raksasa Jupiter JAKARTA Setelah merayakan ulang tahun pertamanya di orbit Jupiter, pesawat luar angkasa Jono milik NASA akan terbang langsung di atas Great Red Spot milik Jupiter. Tentu saja ini akan menjadi pemanda...

JAKARTA Setelah merayakan ulang tahun pertamanya di orbit Jupiter, pesawat luar angkasa Jono milik NASA akan terbang langsung di atas Great Red Spot milik Jupiter. Tentu saja ini akan menjadi pemandangan pertama dari fitur raksasa, sebuah badai yang dipantau semenjak 1830 dan mungkin lebih dari 350 tahun.

"Bintik Merah Besar misterius dari Jupiter mungkin merupakan ciri Jupiter yang paling terkenal. Badai monumental ini telah mengamuk di planet terbesar tata surya selama berabad-abad. Kini, Juno dan instrumen sainsnya yang menembus awan akan menyelam untuk melihat seberapa dalam akar badai ini, dan membantu kita memahami bagaimana badai raksasa ini bekerja dan apa yang membuatnya begitu istimewa, ungkap Scott Bolton, penyidik utama Juno dari Southwest Research Institute di San Antonio.

BERITA REKOMENDASI

Pada ketika perijove (titik di mana orbot berada paling dekat dengan pusat Jupiter), Juno akan berada sekitar 2.200 mil (3.500 kilometer) di atas puncak awan planet ini. Sebelas menit dan 33 detik kemudian, Juno akan menempuh jarak 24.713 mil (39.771 kilometer) lainnya dan akan berada tepat di atas puncak awan merah yang melingkar di Titik Merah Besar Jupiter.

Pesawat ruang angkasa akan melewati sekira 5.600 mil (9.000 kilometer) di atas awan Giant Red Spot. Semua delapan instrumen pesawat antariksa dan juga imagernya, JunoCam, akan berada di dalam flyby.

Pada 4 Juli pukul 19.30 WIB PDT (10:30 pm EDT), Juno akan masuk tepat satu tahun di orbit Jupiter. Pada ketika itu, pesawat ruang angkasa tersebut akan menancapkan sekitar 71 juta mil (114,5 juta kilometer) di orbit dan mengelilingi planet raksasa itu.

"Keberhasilan pengumpulan sains di Jupiter merupakan bukti dedikasi, kreativitas, dan kemampuan teknis tim NASA-Juno," ungkap Rick Nybakken, manajer proyek untuk Juno dari Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California seperti dikutip dari NASA.gov, Sabtu (1/7/2017).

Pesawat NASA Juno Akan Menjajal Bintik Merah Raksasa Jupiter

Comments