Pesawat China Saingan Airbus-Boeing Akan Terbang Perdana Tahun Ini

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Pesawat China Saingan Airbus-Boeing Akan Terbang Perdana Tahun Ini

Pesawat China Saingan Airbus-Boeing Akan Terbang Perdana Tahun Ini

KEPONEWS.COM - Pesawat China Saingan Airbus-Boeing Akan Terbang Perdana Tahun Ini Beijing - Pesawat berbadan besar dan panjang buatan China akan terbang perdana pada semester I-2017 ini. Pesawat bernama C919 ini akan menjadi saingan dari Airbus dan Boeing.Menurut surat kabar People...
Beijing - Pesawat berbadan besar dan panjang buatan China akan terbang perdana pada semester I-2017 ini. Pesawat bernama C919 ini akan menjadi saingan dari Airbus dan Boeing.

Menurut surat kabar People's Daily, mirip dilansir dari AFP, Selasa (7/1/2017), pemasangan sistem di dalam pesawat tersebut hampir komplit.

C919 ini dibuat oleh BUMN China, yaitu Commercial Aircraft Corp of China (COMAC). Awalnya pesawat ini akan terbang perdana di 2015, namun mundur karena sertifikasi dan uji cobanya belum bisa dilakukan.

Bagi China, pesawat ini merupakan penyelesaian mandat negara untuk mengurangi ketergantungan terhadap pesawat Airbus dan Boeing, dan bersaing di pasar pesawat komersial.

Pesawat C919 pertama ini dirakit pada November 2015. Para pekerja menghabiskan waktu setahun untuk merakit satu persatu bagian pesawat yang bermuatan 168 penumpang.

Pesawat China Saingan Airbus-Boeing Akan Terbang Perdana Tahun IniFoto: Reuters

Pesaing pesawat ini ialah Boeing 737 dan Airbus A320. Pada November 2016, COMAC mendapatkan pesanan 570 unit pesawat C919 dari 23 pelanggan. China merupakan salah satu pasar terbesar pesawat terbang.

Menurut Airbus, dalam 20 tahun ke depan, negara ini membutuhkan sekitar 6.000 pesawat baru dengan nilai pesanan US$ 945 miliar. Boeing lebih optimistis, China bakal membutuhkan 6.800 unit pesawat dengan nilai US$ 1 triliun dalam 20 tahun ke depan.

Untuk bisa memenangi pemesanan pesawat, Airbus dan Boeing menggandeng perusahaan lokal dalam perakitan pesawat di China. (wdl/wdl)

Comments