Perusahaan Jepang Ciptakan Rumah yang Bisa Mengapung dan Tahan Banjir

Unik

Ragam / Unik

Perusahaan Jepang Ciptakan Rumah yang Bisa Mengapung dan Tahan Banjir

Perusahaan Jepang Ciptakan Rumah yang Bisa Mengapung dan Tahan Banjir

KEPONEWS.COM - Perusahaan Jepang Ciptakan Rumah yang Bisa Mengapung dan Tahan Banjir Pengembang perumahan Jepang Ichijo Komuten baru-baru ini meluncurkan rumah tahan banjir yang tidak hanya tahan air selama banjir, tetapi juga mengapung di air. Apakah Kamu percaya pada perubahan iklim...

Pengembang perumahan Jepang Ichijo Komuten baru-baru ini meluncurkan rumah tahan banjir yang tidak hanya tahan air selama banjir, tetapi juga mengapung di air.

Apakah Kamu percaya pada perubahan iklim atau tidak, hilangnya rumah karena banjir ialah masalah yang tidak dapat disangkal di seluruh dunia, dan sementara para insinyur dan arsitek telah mencoba mencari solusi, hanya sedikit yang benar-benar terbukti efektif.

Sekarang, pengembang perumahan di Jepang yang memecahkan rekor mengklaim telah menemukan jawaban untuk menjaga rumah orang dari banjir dan juga hanyut oleh banjir. Rumah tahan banjir baru mereka baru-baru ini ditampilkan di acara TV Jepang yang populer dan semenjak itu mendapat banyak perhatian online.

Stasiun TV TBS Jepang baru-baru ini mengunjungi salah satu lokasi uji Ichijo di mana rumah tahan banjir baru milik perusahaan sedang menjalani simulasi banjir. Meskipun tampak seperti rumah biasa ketika pengujian dimulai, pada saat air mulai naik di sekitarnya, pemirsa dapat melihat bangunan tersebut meninggalkan tanah dan akhirnya mengapung beberapa inci di atasnya.

Kita semua pernah melihat rumah terapung yang tersapu banjir besar, tetapi penemuan terbaru Ichijo menampilkan sistem yang mencegah hal itu. Rumah itu terhubung ke sejumlah batang besi tebal yang mencuat dari tanah dengan kabel tebal yang memastikannya tetap di tempatnya saat air membanjiri. Saat air surut, rumah terapung itu kembali turun ke posisi semula.

Rumah tahan banjir ini juga dilengkapi ventilasi khusus yang menutup kalau terjadi banjir, dan pipa ledeng juga mempunyai katup khusus yang mencegah air masuk ke dalam rumah. Peralatan listrik seperti AC ditempatkan di bagian atas bangunan untuk memastikan air tidak mencapainya.

Menurut para insinyur di Ichijo Komuten, sebagian besar rumah banjir ketika air mencapai ketinggian jendela, tetapi karena rumah tahan banjir mereka dapat mengapung hingga lima meter di atas tanah, air tidak mungkin mencapai jendela dan segala sesuatu lainnya tertutup rapat.

Media Jepang melaporkan bahwa klien yang ingin mempunyai rumah baru yang dibangun dengan Ichijo Komuten dapat memilih untuk mempunyai sistem tahan banjir ini dengan biaya tambahan hanya 770.000 yen (sekitar 84 juta), yang terdengar sangat murah, terutama jikalau itu benar-benar berfungsi seperti yang diiklankan.

Ichijo Komuten ialah salah satu pengembang perumahan terbesar di Jepang dan dengan bangga membuat tiga rekor Guinness dalam dua tahun terakhir, termasuk untuk pabrik bahan rumah prefabrikasi terbesar dan untuk perusahaan rumah tata cara paling sukses.(lidya/yn)

https://youtu.be/M6mg3TIX7

Sumber: odditycentral

Comments