Pertunjukan Bokal Hadirkan Budaya Kampar, Pekanbaru

Unik

Ragam / Unik

Pertunjukan Bokal Hadirkan Budaya Kampar, Pekanbaru

Pertunjukan Bokal Hadirkan Budaya Kampar, Pekanbaru

KEPONEWS.COM - Pertunjukan Bokal Hadirkan Budaya Kampar, Pekanbaru Bokal oleh Wan Dance Studio (Image Dynamics) Mereka pun berharap pesan yang mereka sampaikan dalam pertunjukkannya dapat tersampaikan dengan baik pada para penonton. Pertunjukan Bokal sendiri dikema...
Loading...
Bokal oleh Wan Dance Studio (Image Dynamics)

Bokal oleh Wan Dance Studio (Image Dynamics)

Mereka pun berharap pesan yang mereka sampaikan dalam pertunjukkannya dapat tersampaikan dengan baik pada para penonton.

Pertunjukan Bokal sendiri dikemas dalam suguhan koreografi karya Wan Harun Ismail dari Wan Dance Studio yang khas dengan budaya Kampar, Pekanbaru.

Bokal dalam dialek Kampar, dapat diartikan sebagai bekal atau perbekalan. Bokal merupakan interpretasi akan makna dan filosofi dari sastra lisan dan silat yang terdapat di daerah Kampar. Pada pertunjukkan ini, Bokal ditafsirkan sebagai upaya membentengi diri terhadap hal-hal yang bisa merusak sistem dan pemahaman.

Dalam pertunjukan ini, Bokal jauh lebih kepada persiapan benteng diri menghadapi kehidupan berdasarkan agama dan tata cara istiadat. Sedangkan, silat muncul sebagai sesuatu yang sangat kompleks sebagai sebuah bekal hidup, hal ini dapat dirasakan baik secara fisik maupun nilainya. Penyatuan dua objek yang secara makna mempunyai tujuan yang sama, dicoba ditafsirkan ke dalam karya Bokal. Koreografi yang dibawakan oleh Wan Dance Studio juga semakin meriah dengan iringan musik dari alat-alat musik tradisional Indonesia seperti sunai, gambang dan sampelong.

Bokal oleh Wan Dance Studio (Image Dynamics)

Bokal oleh Wan Dance Studio (Image Dynamics)

Pentas Ruang Kreatif: Seni Pertunjukkan Indonesia ini dilaksanakan mulai dari 2-14 April 2019 di Auditorium Galeri Indonesia Kaya. Program ini menampilkan karya dari 14 kelompok seni yang tak hanya berasal dari Pekanbaru, tapi juga dari Jakarta, Yogyakarta, Banyumas, Pontianak, Bandung, Palangkaraya, Kudus, Bekasi, Surakarta, Semarang, Bali, hingga Jayapura.

Hartati, selaku mentor dari Wan Dance Studio sangat mengapresi program ini. Ia berharap dengan adanya program tersebut dapat memberi kesempatan bagi seniman muda dalam perjalanan berkeseniannya.

"Program Ruang Kreatif Seni Pertunjukan merupakan program yang penting bagi seniman-seniman muda Indonesia, karena program ini dapat memberi ruang untuk berkarya dan juga dapat mendekatkan seniman muda yang ada di pelosok negeri. Saya berharap program ini, dapat mengajarkan seniman-seniman muda perihal bagaimana cara menghasilkan sebuah karya yang baik dan benar serta memberikan sebuah kesempatan yang penting dalam perjalanan berkeseniannya," ujar Hartati.

(dika / ray)

Penulis Christiya Dika Handayani

Editor Panditio Rayendra

Loading...

Comments