Perpustakaan Ini Nggak Ada Bukunya, Isinya Malah Adonan Roti

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Perpustakaan Ini Nggak Ada Bukunya, Isinya Malah Adonan Roti

Perpustakaan Ini Nggak Ada Bukunya, Isinya Malah Adonan Roti

KEPONEWS.COM - Perpustakaan Ini Nggak Ada Bukunya, Isinya Malah Adonan Roti Jakarta - Siapa bilang perpustakaan identik dengan kumpulan buku? Perpustakaan di Belgia ini, isinya merupakan fermentasi adonan roti dari seluruh dunia.Dikumpulkan detikTravel dari situs resminya, Se...

Jakarta - Siapa bilang perpustakaan identik dengan kumpulan buku? Perpustakaan di Belgia ini, isinya merupakan fermentasi adonan roti dari seluruh dunia.

Dikumpulkan detikTravel dari situs resminya, Senin (11/6/2018) perpustakaan ini bernama The Sourdough Library. Perpustakaan ini dibangun oleh Karl De Smedt, seorang tukang roti dari Sankt Vith, 171 km dari Ibukota Brussels di Belgia.

De Smedt membangun perpustakaan ini pada tahun 2013. Inilah satu-satunya perpustakaan di dunia yang mengoleksi seratus lebih adonan roti yang difermentasikan dari seluruh dunia. Adonan inipun diletakan dan disusun dalam lemari pendingin khusus.

Perpustakaan Tapi Nggak Ada Bukunya, Isinya Adonan RotiAdonan disimpan dalam lemari khusus (santatti1/Instagram) Untuk mengumpulkan adonan ini, De Smedt pun keliling dunia, mulai dari Jepang, Italia, Amerika, Singapura, Alaska, Mesir dan masih banyak lagi. Jumlah adonan yang terkumpul sekarang merupakan 105 dari negara dan tentunya baker yang berbeda juga.

Menurut sejarah, pengetahuan wacana adonan kudapan manis telah ada semenjak 4.000 SM oleh bangsa Mesir Kuno. Kemungkinan itu juga, semenjak masa itu roti yang enak telah tercipta. Karena hal itulah, De Smedt ingin mempelajari lebih dalam lagi bagaimana penciptaan kudapan manis yang enak dari beragam negara melalui The Sourdough Library.

Perpustakaan Tapi Nggak Ada Bukunya, Isinya Adonan RotiPendiri perpustakan The Sourdough Library, Karl De Smedt (the_sourdough_librarian/Instagram) Tidak sekedar koleksi semata, adonan fermentasi ini juga diteliti untuk mempelajari dan mengembangkan biodiversity, keanekaragaman hayati pada roti. Adonan-adonan ini pun dari skala tertentu dimasukan mikroba demi menjaga bakteri pada kudapan manis.

Selain itu, perpustakaan ini juga meneliti bagaimana mikroba, jenis bakteri, udara, suhu dan waktu berpengaruh pada pembuatan dan menghasilkan kudapan manis yang enak. Perpustakaan ini mwrupakan yang satu-satunya dan pertama di dunia yang fokus pada fermentasi adonan kudapan manis.

Perpustakaan Tapi Nggak Ada Bukunya, Isinya Adonan RotiAdonan-adonan yang telah difermentasi (the_sourdough_librarian/Instagram) Perpustakaan ini tidak terbuka untuk umum. Karena itu kalau traveler tertarik untuk berkunjung, hubungan saja De Smedt di akun Instagramnya (@the_sourdough_librarian). Nanti dia dengan senang hati akan melayani dan mengajak traveler tur di dalam perpustakaan. (sym/fay)

Comments