Pernah Rugi Rp7,7 Miliar, Pria Ini Beri Pesan Penting Bagi Pengusaha Baru

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Pernah Rugi Rp7,7 Miliar, Pria Ini Beri Pesan Penting Bagi Pengusaha Baru

Pernah Rugi Rp7,7 Miliar, Pria Ini Beri Pesan Penting Bagi Pengusaha Baru

KEPONEWS.COM - Pernah Rugi Rp7,7 Miliar, Pria Ini Beri Pesan Penting Bagi Pengusaha Baru JAKARTA - Berbisnis menjadi salah satu cara kalau ingin menjadi seorang jutawan. Namun, tetap saja dalam usaha ada risiko dan tantangannya. Semakin besar risiko yang kamu ambil, maka semakin besar anc...
Loading...

JAKARTA - Berbisnis menjadi salah satu cara kalau ingin menjadi seorang jutawan. Namun, tetap saja dalam usaha ada risiko dan tantangannya.

Semakin besar risiko yang kamu ambil, maka semakin besar ancaman dan keuntungan yang bisa kamu dapat. Tak jarang banyak pengusaha yang merugi jutaan bahkan miliaran Rupiah.

Salah satunya merupakan pengusaha sekaligus penulis buku bernama Dewa Eka Prayoga ini. Pada 2012 lalu, dia pernah bangkrut Rp7,7 miliar.

Banyak yang Berfikir Jadi CEO Enak, Apa Benar?

"Iya jadi 2012 itu saya usaha investasi, jatuhnya pengadaan laptop ke beberapa perusahaan, sekolah, dan segala macem. Lalu setelah 6 bulan jalan, bangkrut tuh Rp7,7 miliar soalnya jatuhnya investasi bodong," ujarnya saat ditemui Okezone di Kuningan City, Jumat (8/11/2019).

Tips Memulai Karier

Dewa pun menyatakan, pernah drop selama 3 bulan. Saat itu, dia mengaku tidak bisa melakukan apa-apa, hingga bertemu seorang mentor untuk bangkit kembali.

"Waktu itu 3 bulan jatuh tidak bisa ngapa-ngapain. Kemudian baru deh di bulan keempat ketemu mentor, Saya dikasih nasehat," kenang Dewa.

Tetap Berkarier di Usia Lanjut, Simak 3 Tips Ini

"Setelah itu saya mulai bantuin orang jualan, jualan apa aja. Waktu itu jualan ceker, keripik, kerupuk, alat kesehatan, buku, dam lain-lain. Sempet tuh udah mulai bisa dapat penghasilan walaupun sedikit tapi cukup untuk bisa membuat saya hidup," lanjutnya.

Untuk melunasi utang Rp7,7 miliar tersebut, Dewa mengungkapkan kalau dia kembali membuat usaha untuk melunasinya. Tidak hanya usaha, dia juga menulis buku yang kebetulan sekarang menjadi best seller.

"Terus saya jalanin tuh, ternyata solusinya deket dari hasil tulisan buku saya. Saya sudah menulis 14 buku, dan dari nulis buku itu orang-orang mulai tahu dan kemudian laris. Akhirnya Saya pakai buat nyicil utang dan beres itu utang Rp7,7 miliar dalam 5 tahun. Tapi gak cuman itu ya, ada usaha lain seperti hijab, kosmetik," tutur Dewa.

Selanjutnya
Loading...

Comments