Pernah dengar Bayi Perempuan Disunat? Di Suku Ini Semua Gadis Pernah Disunat

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Pernah dengar Bayi Perempuan Disunat? Di Suku Ini Semua Gadis Pernah Disunat

Pernah dengar Bayi Perempuan Disunat? Di Suku Ini Semua Gadis Pernah Disunat

KEPONEWS.COM - Pernah dengar Bayi Perempuan Disunat? Di Suku Ini Semua Gadis Pernah Disunat Memiliki seorang bayi entah perempuan ataupun laki-laki pasti menjadi dambaan setiap keluarga di dunia ini.Terkadang muncul keinginan memiliki seorang bayi perempuan pada seorang ibu. Ini karena merek...

Memiliki seorang bayi entah perempuan ataupun laki-laki pasti menjadi dambaan setiap keluarga di dunia ini.

Terkadang muncul keinginan memiliki seorang bayi perempuan pada seorang ibu. Ini karena mereka belum memiliki anak perempuan atau merasa ingin memiliki buah hati yang sejenis agar bisa menjadi sahabat yang tepat untuk ibunya ketika dewasa nanti.

Biasanya seorang ibu sangat senang mengexpresikan hal-hal lucu untuk sang buah hati yang cantik dan spesial ini. Mulai dari tatanan rambut yang dihiasi pita sampai cara berdandan atau berpakaian layaknya sang putri di negeri dongeng.

Namun terlepas dari itu semua pernahkah kalian mendengar bayi perempuan menjalani khitan atau disunat?

Ketika membaca pertanyaan ini pasti terbesit di benak kalian tidak mungkin seorang ibu tega membiarkan princess cantiknya dikhitan atau sunat .

IMG_20170925_190039

Dan yah.., tidak hanya anak laki-laki ternyata yang menjalani tradisi khitan tapi di daerah ini, daerah perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu para anak perempuan juga menjalani tradisi khitan tersebut.

Di suku Jawa akan jarang sekali ditemukan anak perempuan yang disunat tapi di suku Pasemah tata cara khitan untuk anak perempuan sudah dilakukan secara turun temurun.

IMG_20170925_185927

Suku Pasemah menyebut tradisi khitan dengan nama kayak upik dan bakayekan. Disebut kayak upik jikalau yang disunat masih bayi dan disebut bakayekan jikalau yang disunat sudah berusia 4-7 tahun.

Sebelum ibunya membiarkan sang buah hati disunat, mereka akan didandani seperti pengantin dengan menggunakan baju istiadat. Setelah itu diarak menuju sungai untuk dimandikan. Barulah setelah itu sang anak perempuan tersebut di sunat.

Jangan tanyakan bagian mananya yang disunat ya, tentu bagian yang disunat sangat kecil. Bagian kecil yang dipotong tersebut kemudian akan dikubur di bawah pohon kelapa. Dengan ini diharapkan kalau sudah dewasa nanti sang gadis bisa tumbuh dan hidup menyesuaikan diri dimana saja di tengah masyarakat seperti pohon kelapa.

Wow, extream nggak sih menurut kalian?

Sebenarnya tradisi khitan untuk anak perempuan di masing-masing daerah di Indonesia bermacam-macam cara dan penyebutannya.

Di Gorontalo sunatan untuk anak perempuan di sebut molubingo. Nah di masyarakat suku Bugis disebut makkatte.

Well.., berencana mengkhitan gadis kamu nanti girls?

Comments