Pernah Cicipi Nasi Goreng Tembakau? Kuliner Ini Hanya Ada di Temanggung

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Pernah Cicipi Nasi Goreng Tembakau? Kuliner Ini Hanya Ada di Temanggung

Pernah Cicipi Nasi Goreng Tembakau? Kuliner Ini Hanya Ada di Temanggung

KEPONEWS.COM - Pernah Cicipi Nasi Goreng Tembakau? Kuliner Ini Hanya Ada di Temanggung TEMANGGUNG - Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil tembakau. Kebun-kebunnya mudah dijumpai di sepanjang jalan.Hasil perkebunan tembakau memang identik digunakan sebagai bahan dasar rokok. Namun...

TEMANGGUNG - Temanggung terkenal sebagai daerah penghasil tembakau. Kebun-kebunnya mudah dijumpai di sepanjang jalan.

Hasil perkebunan tembakau memang identik digunakan sebagai bahan dasar rokok. Namun jangan salah, tembakau bisa diolah menjadi hidangan makanan yang lezat.

Salah satu Rumah Makan (RM) di Temanggung menyajikan menu unik yang berbahan tembakau yakni Nasi Goreng Tembakau.

Berlokasi tidak jauh dari Alun-alun Kota Temanggung, tepatnya di Jalan MT. Haryono, rumah makan tersebut dinamai Temanggung Bersenyum yang akrab disebut Tebers.

Dari luar, terlihat dinding-dinding yang dihiasi dengan tulisan Nasi Goreng Mbako. RM Tebers sendiri kini menjadi salah satu tujuan kuliner di Temanggung.

Tidak hanya menyajikan menu unik, bangunan dan penampilannya pun dibuat berbeda. Di dalamnya terdapat foto-foto para pemimpin Temanggung dari zaman kolonial hingga saat ini.

Kursi dan meja pun dibuat dengan konsep klasik. Nanang, pengelola RM Tebers mengatakan nasi goreng tembakau atau mbako merupakan menu utama yang disajikan rumah makan ini.

Dari pertama buka di tahun 2004 sudah menyajikan menu itu. Tembakau digunakan sebagai bumbu campuran di nasi goreng, ujarnya.

Ia menjelaskan tembakau yang digunakan adalah biji-biji tembakau, bukan daunnya. Menurutnya masih banyak yang beranggapan bahwa yang dicampurkan dengan nasi goreng adalah daun tembakau.

Biji-biji tembakau terlebih dahulu dihaluskan baru kemudian dicampurkan dengan bumbu nasi goreng. Jenis tembakau yang digunakan, salah satunya adalah tembakau srintil.

Pernah Cicipi Nasi Goreng Tembakau? Kuliner Ini Hanya Ada di Temanggung

Comments