Pernah Booming, 5 Fitur Smartphone Ini Mulai Ditinggalkan Penggunanya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pernah Booming, 5 Fitur Smartphone Ini Mulai Ditinggalkan Penggunanya

Pernah Booming, 5 Fitur Smartphone Ini Mulai Ditinggalkan Penggunanya

KEPONEWS.COM - Pernah Booming, 5 Fitur Smartphone Ini Mulai Ditinggalkan Penggunanya Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels) Maraknya kehadiran perangkat anyar hasil ciptaan para vendor smartphone, semakin banyak juga fasilitas baru yang diperkenalkan. Kemunculan fitur-fitur baru ini...

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Maraknya kehadiran perangkat anyar hasil ciptaan para vendor smartphone, semakin banyak juga fasilitas baru yang diperkenalkan. Kemunculan fitur-fitur baru ini yang lalu membuat beberapa fasilitas smartphone yang lama dan pernah booming mulai ditinggalkan.

Beberapa fasilitas baru yang saat ini begitu diminati ialah fingerprint, face unlock, kamera, WhatsApp, Twitter, Spotify hingga Instagram.

Deretan fasilitas baru ini sukses menggantikan kesuksesan fasilitas smartphone lama yang sebelumnya begitu booming dan diminati oleh penggunanya. Berikut 5 fasilitas smartphone yang mulai ditinggalkan penggunanya.

1. Radio

Ilustrasi earphone. (Pixabay/Skitterphoto)Ilustrasi. (Pixabay/Skitterphoto)

Dulu, fasilitas radio di smartphone dianggap begitu menarik oleh siapa saja. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, fasilitas ini tergantikan dengan banyak sekali hal yang jauh lebih menarik. Sebut saja seperti podcast yang saat ini sedang booming.

Kebiasaan mendengarkan radio melalui perangkat smartphone tidak lagi dilakukan. Apalagi beberapa stasiun radio kini menyediakan akses ke situs resminya untuk dapat mendengarkan radio secara langsung.

Podcast lalu muncul untuk mengganti kebiasaan lama ini. Dapat diakses dengan mudah dan praktis membuat podcast lebih menarik dan mencuri perhatian.

2. Download Lagu

Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)

Karena tidak menyediakan musik secara gratis, pengguna smartphone dulu perlu mendownload lagu secara manual ke perangkatnya untuk dapat mendengarkan musik.

Kegiatan serba manual ini lalu tergantikan dengan kemunculannya Spotify, Joox, dan Apple Music, platform musik digital yang dapat diakses dengan mudah dan praktis. Saat ini, beberapa pengguna smartphone yang melakukan kegiatan mendownload lagu secara manual terbilang cukup jarang ditemui.

3. Bluetooth

Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)

Menggantikan infrared, bluetooth sempat menjadi andalan pengguna smartphone. Setidaknya hal itu terjadi sebelum kemudian software semacam Share It dan software pesan singkat muncul.

Mengirimkan file via bluetooth dirasa sangat praktis pada zamannya. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak hal yang lebih praktis yang dapat digunakan untuk membuatkan file di smartphone.

4. SMS

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Jamie Street)Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Jamie Street)

Pada zamannya, mengirim pesan singkat dengan memakai SMS begitu marak digunakan. Namun, seiring berjalannya waktu dan dirasa cukup berat karena mengandalkan pulsa biasa, SMS lalu tergantikan dengan banyak sekali software pesan singkat seperti WhatsApp hingga Line.

SMS lalu perlahan tersingkirkan dengan kemunculan banyak sekali software pesan singkat ini. Alasan utamannya merupakan karena tarif SMS yang dianggap cukup membebani penggunanya.

5. Kamera

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Dng Trn Vit)Ilustrasi smartphone. (unsplash/Dng Trn Vit)

Walaupun masih sangat penting saat ini di smartphone. Fasilitas kamera dirasa menjadi salah satu fasilitas yang seiring berjalannya waktu mungkin akan ditinggalkan. Pasalnya, kini banyak software foto yang datang dengan membawa hasil kamera yang lebih menarik.

Sebut saja seperti software kamera beauty plus yang datang dengan banyak sekali kecanggihan untuk mengubah tampilan wajah penggunanya. Seolah tidak ingin tergantikan, wajar bila banyak software kamera di smartphone yang sudah dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas AI beautyplus.

Itu tadi deretan fasilitas smartphone yang mulai ditinggalkan penggunanya. Kira-kira mana yang paling akan kamu rindukan kalau nanti menghilang?

Comments