Permohonan Kekayaan Intelektual Meningkat saat Pandemi Covid-19

Nasional

News / Nasional

Permohonan Kekayaan Intelektual Meningkat saat Pandemi Covid-19

Permohonan Kekayaan Intelektual Meningkat saat Pandemi Covid-19

KEPONEWS.COM - Permohonan Kekayaan Intelektual Meningkat saat Pandemi Covid-19 Laporan Wartawan Tribunnews, Ide Rian Pratama JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus berjuang untuk tetap menjaga kokohnya sektor ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Salah satu upaya dilakukan bagaimana...

Laporan Wartawan Tribunnews, Ide Rian Pratama

JAKARTA - Pemerintah Indonesia terus berjuang untuk tetap menjaga kokohnya sektor ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu upaya dilakukan bagaimana realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) turut meningkat dengan pelayanan kepercayaan masyarakat dalam memakai sistem online.

Sebagaimana dilakuan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengandalkan sistem digital untuk tetap dapat melayani masyarakat demi meningkatkan pelindungan Kekayaan Intelektual (KI) sekaligus mengurangi praktek pungutan liar.

DJKI mengimplementasikan pendaftaran KI online semenjak 17 Agustus 2019 mencatat angka permohonan KI lebih tinggi, pada semester 2020 dibandingkan pada semester I 2019.

Angka jumlah peningkatan permohonan kekayaan intelektual terjadi dalam situasi krisis penyebaran virus Corona.

Sempat Tegang, Keluarga PDP Corona yang Meninggal Tak Terima Jenazah Dimandikan Petugas Rumah Sakit

Ini jelas efek positif dari permohonan KI online. Karena diterpa pandemi saja, permohonan KI justru malah naik , ujar Direktur Jenderal KI Freddy Harris dalam keterangannya, Minggu (12/7/2020).

DJKI Kemenkumham mencatat, bahwa jumlah permohonan KI dari Januari-Juni 2020 mencapai total 42.501. Sedangkan jumlah permohonan KI dari Januari-Juni pada 2019 total 40.961. Hal itu meliputi permohonan baru dari Desain Industri, Merek, Paten dan Paten Sederhana.

Sekadar berita, bahwa DJKI mencatat Permohonan Merek baru mengalami kenaikan paling signifikan dari 33.543 pada 2019 menjadi 35.980 pada 2020 ini.

Sedangkan untuk Permohonan Paten dan Permohonan Desain Industri mengalami penurunan tak begitu signifikan.

Permohonan Kekayaan Intelektual Meningkat saat Pandemi Covid-19

Comments