Perlu Anda Ketahui Apa Itu penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Perlu Anda Ketahui Apa Itu penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya

Perlu Anda Ketahui Apa Itu penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya

KEPONEWS.COM - Perlu Anda Ketahui Apa Itu penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya SEMARANG - Penyakit Difteri telah mewabah, Kementerian Kesehatan bahkan menetapkan Kejadian Luar Biasa. Kepala Dinkes Kota Semarang, dr Widoyono menjelaskan difteri memang itu ialah jenis penyakit men...

SEMARANG - Penyakit Difteri telah mewabah, Kementerian Kesehatan bahkan menetapkan Kejadian Luar Biasa.

Kepala Dinkes Kota Semarang, dr Widoyono menjelaskan difteri memang itu ialah jenis penyakit menular dan cukup berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

"Biasanya itu dikarenakan ada sumbatan saluran pernapasan atas atau toksinnya yang bersifat pathogen, yang bisa menimbulkan komplikasi miokarditis, paralisis saraf kranial, perifer, artritis, osteomyelitis, gagal ginjal, gagal napas, hingga gagal sirkulasi, terangnya.

Untuk penderita itu, tambahnya, biasanya masa inkubasi yakni antara 2 hingga 6 hari.

Gejalanya ditandai berupa seluruh tubuhnya terasa panas-dingin dan mudah lelah.

Saat bernapas, terasa bising atau napas pendek, saat berucap serak, otot lemas, ada pembengkakan kelenjar getah bening (pilek), hingga di bagian tenggorokan sulit menelan makanan.

Jangan Takut Anak Demam! Segera Berikan Vaksin Agar Terhindar dari Difteri yang Sudah Mewabah

Pencegahannya yakni melalui vaksin DTaP dan obat biasanya merupakan antibiotik serta antibiotic penisilin. Secara umum hal tersebut dilakukan guna menetralkan toksin difteri yang ada di dalam tubuh penderita, ucap Widoyono.

Terpisah, dalam keterangan tertulis yang disampaikan Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Infeksi dan Penyakit Tropis Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Anggraini Alam, ada dua pembagian terstruktur mengenai pada kasus difteri itu yakni kasus probable (tersangka) difteri dan konfirmasi.

Kasus probabe merupakan kasus yang ditandai dan bergejala gangguan saluran napas adanya pseudomembran pada hidung, faring, tonsil atau laring.

Perlu Anda Ketahui Apa Itu penyakit Difteri, Gejala dan Pencegahannya

Comments