Peringati Hari Sumpah Pemuda, Menkes Terawan Ingatkan Soal Stunting

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Menkes Terawan Ingatkan Soal Stunting

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Menkes Terawan Ingatkan Soal Stunting

KEPONEWS.COM - Peringati Hari Sumpah Pemuda, Menkes Terawan Ingatkan Soal Stunting Hingga saat ini, Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober selalu diperingati dengan upacara bendera. Banyak pula pejabat negara yang memberikan pesan dan makna di balik Hari Sumpah Pemuda. Salah...

Hingga saat ini, Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober selalu diperingati dengan upacara bendera. Banyak pula pejabat negara yang memberikan pesan dan makna di balik Hari Sumpah Pemuda. Salah satunya merupakan Menteri Kesehatan Menkes) Letjen TNI (Purn) Dr. dr Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) atau yang akrab disapa Menkes Terawan.

Ditemui Okezone, Senin (28/10/2019), dalam sebuah acara di Jakarta Timur, Menkes Terawan mengaitkan Hari Sumpah Pemuda dengan upaya penurunan stunting. Seperti yang diketahui, stunting ialah salah satu masalah kesehatan pada anak di seribu hari pertama kehidupan yang masih membayangi Tanah Air. Anak yang mengalami stunting kualitas hidupnya di masa depan kurang baik.

Stunting terjadi karena kebutuhan nutrisi pada anak di seribu hari pertama kehidupan tidak terpenuhi dengan baik. Hal ini dapat membuat pertumbuhan anak menjadi terhambat, begitu juga dengan perkembangan otaknya yang tidak maksimal. Stunting menyebabkan nilai IQ dan DQ anak yang lebih rendah, gangguan emosional lebih tinggi, serta performa sekolah dan prestasi yang buruk. Bila dibiarkan, maka berdampak pada pembangunan bangsa.

menkes terawan stunting

Menkes Terawan mengatakan, perlu upaya bahu membahu untuk mengatasi stunting. Fokusnya bukan hanya pada asupan kesejahteraan fisik tetapi juga pendidikan terutama cara merawat anak.

"Merawat agar anak tidak termasuk golongan stunting sehingga nantinya anak tumbuh jadi generasi yang maju dan memimpin. Bukan hanya di tingkat nasional tapi dunia, seperti hari ini, Hari Sumpah Pemuda," imbuh Menkes Terawan.

Selanjutnya

Comments