Peringatan Pakar Penyakit, Pandemi Virus Corona Punya Risiko Berulang

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Peringatan Pakar Penyakit, Pandemi Virus Corona Punya Risiko Berulang

Peringatan Pakar Penyakit, Pandemi Virus Corona Punya Risiko Berulang

KEPONEWS.COM - Peringatan Pakar Penyakit, Pandemi Virus Corona Punya Risiko Berulang Ilustrasi Virus Corona COVID-19. (Centers for Disease Control and Prevention) Dunia sedang berjuang melawan pandemi virus corona penyebab COVID-19 yang tengah merajalela. Belum berakhir, sudah ada pa...

Ilustrasi Virus Corona COVID-19. (Centers for Disease Control and Prevention)

Dunia sedang berjuang melawan pandemi virus corona penyebab COVID-19 yang tengah merajalela. Belum berakhir, sudah ada pakah penyakit yang mewanti-wanti.

Pakar menyakit menular asal Amerika Serikat mewanti-wanti pandemi virus corona ini punya risiko untuk terjadi lagin.

Pakar penyakit menular AS Dr. Anthony Fauci memperingatkan wabah virus corona yang sedang dialami dunia mungkin merupakan kejadian berulang dan dapat muncul lagi dengan lebih kuat bila tidak ada tindakan pencegahan yang tepat.

Dilansir VOA Indonesia, dalam pengarahan harian mengenai virus corona di Gedung Putih, Fauci, Direktur Institut Nasional AS untuk Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan, kasus virus itu mulai muncul di Afrika Selatan dan negara-negara di belahan bumi selatan, di mana musim dingin menjelang.

Ia mengatakan bila wabah besar terjadi di daerah-daerah tersebut, ini akan menjadi indikasi kuat bahwa virus itu muncul berulang dan negara-negara di belahan bumi utara harus bersiap menghadapi putaran ke-dua perebakan virus tahun depan.

Ilustrasi Pandemi virus Corona Covid-19 bisa jadi kejadian berulang. (Shutterstock)Ilustrasi Pandemi virus Corona Covid-19 bisa jadi kejadian berulang. (Shutterstock)

Fauci mengatakan bahwa hal tersebut memberi penekanan lebih besar mengenai pentingnya melanjutkan upaya membuat vaksin yang siap tersedia apabila putaran kedua virus corona tiba, serta seperangkat obat yang dapat mengobati pasien dengan efektif dan aman.

Sementara itu, laman Worldometers secara real time pada Jumat (27/3/2020) pukul 02.02 GMT menyatakan total kasus infeksi di seluruh dunia sebanyak 531.804 kasus. Dengan rincian pasien sembuh mencapai 123.942 jiwa dan meninggal dunia 24.703 jiwa.

Amerika Serikat menjadi negara pertama dengan kasus terbanyak di atas China dengan total kasus 85.377. Per hari ini, (27/3/2020), ada 17.166 kasus baru dan 268 kematian baru di banyak sekali negara bagian.

Pasien yang sembuh tercatat pada angka 1.868 jiwa dan kasus aktif 82.214 dengan di antaranya 2.122 pasien dalam keadaan kritis ataupun serius.

Ilustrasi Pandemi Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)Ilustrasi Pandemi Virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

"Pemerintah telah berjuang untuk menghentikan penyebaran virus dan telah mengambil banyak sekali langkah untuk membatasi pertemuan publik karena orang-orang yang mungkin tidak menunjukkan gejala tetapi terinfeksi dapat menjadi pembawa," demikian dilaporkan Kantor Isu Anadolu.

Prancis menghadapi gelombang korban meninggal terbesar dalam beberapa pekan, setelah otoritas mencatat ada 231 kematian baru karena virus Corona Covid-19 dalam 24 jam terakhir per Kamis (26/3/2020). Hal ini menambah jumlah total kematian menjadi 1.331.

Itulah peringatan pakar penyakit menular yang mewanti-wanti pandemi virus corona ini punya resiko terulang kembali. ( M. Reza Sulaiman).

Comments