Peringatan Dini BMKG Sabtu, 23 Mei 2020: Waspada Wilayah Hujan Lebat dan Hujan Petir

Nasional

News / Nasional

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 23 Mei 2020: Waspada Wilayah Hujan Lebat dan Hujan Petir

Peringatan Dini BMKG Sabtu, 23 Mei 2020: Waspada Wilayah Hujan Lebat dan Hujan Petir

KEPONEWS.COM - Peringatan Dini BMKG Sabtu, 23 Mei 2020: Waspada Wilayah Hujan Lebat dan Hujan Petir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis berita peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. Berita peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku untuk Sabtu, 23 Mei 2020. BMKG me...

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis berita peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Berita peringatan dini cuaca ekstrem ini berlaku untuk Sabtu, 23 Mei 2020.

BMKG melalui laman resmi bmkg.go.id, memprediksi terdapat 8 wilayah berpotensi hujan dengan intensitas lebat yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Sementara 7 wilayah lainnya juga diprediksi akan terjadi hujan disertai dengan petir atau kilat.

Persebaran Hujan Persebaran Hujan (BMKG)

Hal ini terjadi karena terdapat Siklon Tropis MANGGA saat ini terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten dengan kecepatan angin maksimum
65 km/jam (35kt) dan tekanan 995 hPa.

Siklon ini bergerak ke arah Tenggara (bergerak menjauhi wilayah Indonesia) diperkirakan intensitasnya menguat secara perlahan dalam 24 jam ke depan.

Siklon Tropis MANGGA ini secara tidak langsung berdampak terhadap pembentukan konvergensi memanjang dari Banten hingga Perairan selatan Banten serta belokan angin di sekitar Pesisir barat Sumatera sehingga bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di
wilayah tersebut.

Siklon Tropis MANGGA juga bisa menginduksi peningkatan kecepatan angin di sekitar sistem adalah di sepanjang Perairan barat Sumatera dan di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang.

Daerah sirkulasi siklonik terpantau di Perairan selatan Bali yang membentuk konvergensi memanjang di NTT bagian timur dan di Perairan selatan NTB yang bisa meningkatkan potensi hujan di sepanjang daerah siklonik dan konvergensi tersebut.

Konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Laut Natuna bagoan barat, di Kalimantan Utara bagian timur, dari Sulawesi Tengah hingga Gorontalo, di Laut Arafuru, dan dari Papua Barat hingga Papua.

Ilustrasi seseorang memakai payung di tengah hujan. BMKG: Curah Hujan di Awal Tahun Masih Signifikan, Hujan Petir hingga Cuaca Ekstrem. Ilustrasi hujan (Pixabay)

Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem Sabtu 23 Mei : Ada Siklon Tropis Mangga, 8 Wilayah Hujan Lebat

Prakiraan Cuaca BMKG 33 Kota Sabtu, 23 Mei 2020: Jakarta Cerah, Bandung Hujan Ringan Siang Hari

Comments