Perhatikan Baik-baik, Ini Gambar Burung Gagak atau Kelinci?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Perhatikan Baik-baik, Ini Gambar Burung Gagak atau Kelinci?

Perhatikan Baik-baik, Ini Gambar Burung Gagak atau Kelinci?

KEPONEWS.COM - Perhatikan Baik-baik, Ini Gambar Burung Gagak atau Kelinci? Netizen ramai membahas apakah hewan ini kelinci sebenarnya atau burung gagak yang menyamar. (Twitter/ ScottyKOnair) Sebuah video tiba-tiba jadi perhatian netizen, karena banyak yang dibaut galau hewa...

Netizen ramai membahas apakah hewan ini kelinci sebenarnya atau burung gagak yang menyamar. (Twitter/ ScottyKOnair)

Sebuah video tiba-tiba jadi perhatian netizen, karena banyak yang dibaut galau hewan apa yang ditampilkan. Dalam video ini terlihat seperti burung gagak, namun kadang terlihat kelinci.

Video yang dibagikan ilmuwan ini berhasil membuat netizen geram sekaligus berdebat gambar hewan apa yang mereka lihat. Kelinci atau burung gagak?

Ilusi optik yang ia bagikan berhasil membuat netizen resah untuk menebak apakah hewan itu merupakan kelinci atau seekor burung gagak.

Manusia sangat mudah tertipu dengan kata-kata, mungkin pepatah itu sangat tepat setelah kamu menjalani tes ilusi optik yang dibagikan oleh ilmuwan.

Dan Quintana, seorang peneliti senior dalam bidang psikiatri biologis dari Universitas Oslo, Norwegia berhasil membuat puluhan ribu netizen galau.

Ia membagikan sebuah video yang viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 37 ribu Like dan 9 ribu Retweet.

Tak hanya viral, video ilusi optik yang ia bagikan telah ditonton lebih dari 2,7 juta orang dan hewan yang ada di dalamnya justru disindir dengan beragam meme kocak.

Netizen ramai membahas apakah hewan ini kelinci sebenarnya atau burung gagak yang menyamar. (Twitter/ ScottyKOnair)Netizen ramai membahas apakah hewan ini kelinci sebenarnya atau burung gagak yang menyamar. (Twitter/ ScottyKOnair)

Ia membagikan sebuah video yang di dalamnya terdapat seekor hewan berwarna hitam.

Videonya diberikan caption bertuliskan "Kelinci sangat menyukai belaian di bagian hidungnya".

Banyak netizen yang setuju dengan pernyataan tersebut karena hewan itu terlihat sebagai kelinci hitam yang imut.

Namun tunggu dulu, bila kamu setuju, maka pepatah bahwa manusia bisa tertipu dengan kata-kata memang benar adanya.

Hewan yang ada di dalam video sebenarnya ialah seekor burung gagak tulen dan banyak orang telah salah menebaknya.

Dikutip dari Huffington Post, penelitian Quintana melingkupi "bagaimana konteks dan perhatian dapat memengaruhi apa yang kita persepsikan di dunia".

Ia memaparkan bahwa orang yang berpikiran prima dengan kelinci dapat memengaruhi beberapa orang bahwa mereka benar-benar "melihat kelinci".

Meme kelinci. (Twitter/ TourguideStan)Meme kelinci. (Twitter/ TourguideStan)

"Saya pikir cukup jelas bahwa video itu ialah seekor burung (tidak seperti video yang memang dirancang untuk menjadi ambigu). Itu karena kamu bisa dapat melihat membran tembus pandang yang menyapu mata secara horisontal saat hewan tersebut berkedip. Kelinci tidak mempunyai membran seperti itu," kata Quintana.

Deretan meme kocak langsung beredar, terutama netizen yang tetap bersikeras bahwa mereka telah melihat seekor kelinci.

Itulah ilusi optik yang menyebabkan netizen resah hewan kelinci atau burung gagak yang dibagikan ilmuwan. Apaka yang kamu lihat?

Comments