Peretas Manfaatkan Wabah Virus Korona Sebarkan Malware

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Peretas Manfaatkan Wabah Virus Korona Sebarkan Malware

Peretas Manfaatkan Wabah Virus Korona Sebarkan Malware

KEPONEWS.COM - Peretas Manfaatkan Wabah Virus Korona Sebarkan Malware JAKARTA - Dunia kesehatan saat ini tengah dihebohkan dengan virus korona jenis baru adalah novel coronavirus. Virus tersebut telah mewabah di sebagian besar China dan beberapa negara lainnya. Dipantau...

JAKARTA - Dunia kesehatan saat ini tengah dihebohkan dengan virus korona jenis baru adalah novel coronavirus. Virus tersebut telah mewabah di sebagian besar China dan beberapa negara lainnya.

Dipantau dari peta penyebaran virus korona Center for System Science and Engineering (CSSE) dari John Hopkins University, hingga saat ini ada sekira 17 ribu lebih pasien yang terinfeksi.

Tidak hanya menghebohkan dunia kesehatan, virus korona juga telah mengganggu keamanan siber. Perusahaan Keamanan Siber, Kaspersky telah menemukan ada file berbahaya yang menyamar sebagai dokumen terkait dengan coronavirus yang baru-baru ini ditemukan.

Tampaknya para peretas telah memanfaatkan maraknya berita terkait virus korona untuk menyebarkan malware.

Lebih lanjut, file berbahaya yang ditemukan menyamar dengan kedok file pdf, mp4, docx wacana virus korona.

Kebanyakan dari file yang beredar berisi instruksi video perihal cara melindungi diri dari virus, info terkini seputar ancamannya dan bahkan prosedur deteksi virus. Nyatanya, menurut Kaspersky file tersebut berisi banyak sekali ancaman dari Trojan ke worm yang bisa menghancurkan, memblokir, memodifikasi atau menyalin data, serta mengganggu pengoperasian komputer atau jaringan komputer.

Coronavirus, yang sedang dibahas secara luas sebagai informasi utama, telah digunakan sebagai umpan oleh para pelaku kejahatan siber," kata Anton Ivanov, analis malware Kaspersky, dalam keterangan resminya, Senin (3/1/2020).

Dunia kesehatan saat ini tengah dihebohkan dengan virus korona jenis baru yakni novel coronavirus.

Selanjutnya

Comments