Perempuan Merokok Lebih Berisiko Idap Kanker Paru-Paru dibanding Pria Loh

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Perempuan Merokok Lebih Berisiko Idap Kanker Paru-Paru dibanding Pria Loh

Perempuan Merokok Lebih Berisiko Idap Kanker Paru-Paru dibanding Pria Loh

KEPONEWS.COM - Perempuan Merokok Lebih Berisiko Idap Kanker Paru-Paru dibanding Pria Loh PARA perokok memang rentan terkena kanker paru-paru, karena paru-paru akan mengalami iritasi. Bahkan, studi yang mengungkapkan bahwa 85 hingga 90 persen pasien kanker paru-paru merupakan perokok. Stud...

PARA perokok memang rentan terkena kanker paru-paru, karena paru-paru akan mengalami iritasi. Bahkan, studi yang mengungkapkan bahwa 85 hingga 90 persen pasien kanker paru-paru merupakan perokok.

Studi yang diterbitkan di Oxford Academic, saat ini kurang lebih 47 persen pria dan 12 persen perempuan berusia 15 tahun merupakan perokok. Menjadi pertanyaan sekarang, apakah perempuan perokok punya risiko yang lebih buruk karena kanker paru-paru?

Studi epidemiologis menjawabnya bahwa dalam 20 tahun terakhir menunjukan data perempuan perokok mungkin lebih rentan terhadap kanker paru-paru daripada perokok pria.

Kanker

"Dalam studi berbasis populasi McDuffie et al, peneliti mengamati bahwa usia saat diagnosis kanker paru-paru pada perempuan lebih muda meskipun perokok pria rata-rata lebih banyak konsumsi rokoknya dan sudah mulai merokok lebih awal daripada perempuan," papar studi itu.

Lalu, di beberapa negara barat melaporkan, dalam studi kasus-kontrol, risiko paru-paru lebih tinggi pada kalangan wanita. Ini terbukti dari hasil studi yang dilakukan di Eropa, Lubin, dan Blot.

Studi lain yang dilakukan Brownson melaporkan rasio odds yang lebih tinggi pada perempuan perokok dibandingkan pria untuk semua jenis histologis kecuali adenokarsinoma. Kemudian, Risch dkk menemukan rasio odds yang lebih tinggi pada perempuan dibandingkan laki-laki untuk semua jenis histologis utama kanker paru-paru.

Comments