Perempuan Doyan Ngemil saat Haid, Ternyata Ini Sebabnya!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Perempuan Doyan Ngemil saat Haid, Ternyata Ini Sebabnya!

Perempuan Doyan Ngemil saat Haid, Ternyata Ini Sebabnya!

KEPONEWS.COM - Perempuan Doyan Ngemil saat Haid, Ternyata Ini Sebabnya! Wanita tentu sudah sangat paham dengan apa yang dimaksud dengan premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini menyebabkan hal tidak biasa terjadi pada wanita, mulai dari emosi tidak stabil hingga nafsu mak...

Wanita tentu sudah sangat paham dengan apa yang dimaksud dengan premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini menyebabkan hal tidak biasa terjadi pada wanita, mulai dari emosi tidak stabil hingga nafsu makan meningkat.

Pernah mengalami gejala PMS itu? Tenang, Kamu tidak sendirian. Jutaan wanita di luar sana juga mengalami hal serupa. Perubahan nafsu makan menjelang menstruasi ialah hal yang normal. Namun, meredakannya tidak semudah yang dibayangkan. Lantas, apa penyebab nafsu makan meningkat menjelang haid?

Sejumlah ahli mengatakan wanita umumnya makan 500 kalori lebih banyak menjelang menstruasi. Hal ini menyebabkan kenaikan berat badan hingga 0,2 kilogram.

Seringkali ada dorongan untuk makan selama periode menstruasi. Khususnya menyantap cokelat dan banyak sekali makanan manis lainnya, demikian hasil penelitian yang tertulis di jurnal Annals of Endocrinology seperti dikutip Daily Mail, Senin (11/3/2019).

wanita makan cokelat

Peneliti menerangkan peningkatan nafsu makan disebabkan naik-turunnya hormon serotonin. Hormon ini juga menjadi biang keladi tidak stabilnya emosi wanita saat menstruasi. Biasanya, seorang wanita akan melampiaskan emosi dengan makan.

Makanan tinggi karbohidrat dan gula sangat memikat bagi wanita saat menstruasi. Akibatnya, wanita jadi sering mengemil saat sedang haid. Bertambahnya nafsu makan saat haid memang sulit dihindari. Namun, Kamu bisa mengakalinya dengan memilih camilan diet yang sehat.

Konsumsilah makanan berkarbohidrat kompleks yang membuat perut terasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, nafsu makan bakal lebih terkontrol. Oatmeal, nasi merah, buah, roti gandum, yoghurt, kacang-kacangan, serta ubi merupakan contoh karbohidrat sehat yang layak dikonsumsi.

(hel)

Comments