Perawatan Gigi Sederhana yang Harus Dilakukan

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Perawatan Gigi Sederhana yang Harus Dilakukan

Perawatan Gigi Sederhana yang Harus Dilakukan

KEPONEWS.COM - Perawatan Gigi Sederhana yang Harus Dilakukan Bagi Kamu yang tidak bisa mengontrol tenaga ketika menyikat gigi, drg. Melissa menyarankan untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang soft atau medium. Sedangkan untuk frekuensi menyikat gigi, minimal...
Loading...

Bagi Kamu yang tidak bisa mengontrol tenaga ketika menyikat gigi, drg. Melissa menyarankan untuk memilih sikat gigi dengan bulu yang soft atau medium. Sedangkan untuk frekuensi menyikat gigi, minimal dua kali dalam sehari. "Kecuali misalnya setelah mengonsumsi makanan berbumbu, diperbolehkan untuk menyikat gigi lagi."

Pasta gigi tidak kalah penting. Untuk menjamin kesehatan mulut dan gigi, Kamu wajib memilih pasta gigi yang rendah kandungan atau tidak mengandung detergen sama sekali. "Kandungan detergen menyebabkan penurunan jumlah air liur di rongga mulut. Padahal air liur berfungsi untuk melembapkan rongga mulut dan membersihkan permukaan gigi. Akibatnya, mulut menjadi kering," jelas drg. Melissa. Mulut kering ini akan berdampak pada timbulnya bau mulut.

(Depositphotos)

(Depositphotos)

Kamu bisa memastikan apakah pasta gigi Kamu mengandung detergen atau tidak dengan memperhatikan efek yang dirasakan setelah menyikat gigi. Kalau rongga mulut terasa kesat, maka pasta gigi yang digunakan mengandung detergen. Cara lain untuk mengetahuinya, dengan memperhatikan jumlah busa yang dihasilkan ketika menyikat gigi. "Semakin banyak busa maka semakin banyak kandungan detergennya."

Perawatan gigi sederhana tersebut sudah seharusnya Kamu terapkan oleh setiap untuk menjamin kesehatan dasar gigi, kecuali bila Kamu mempunyai gigi yang sensitif. Pasalnya, gigi yang sensitif harus dirawat dengan cara yang berbeda. Yaitu memakai pasta gigi yang mengandung zat-zat yang bisa meredakan gigi sensitif.

Kamu juga bisa memilih sikat gigi yang khusus dirancang untuk gigi sensitif atau setidaknya memakai sikat gigi dengan bulu yang halus. Setelahnya, pastikan Kamu menjauhi makanan yang bisa memicu rasa ngilu pada gigi sensitif. "Hindari makanan yang terlalu panas atau dingin, makanan yang terlalu manis, dan terlalu asam, karena ketiga jenis makanan ini bisa memicu rasa ngilu pada gigi sensitif."

Tidak hanya makanan, minuman yang mengandung salah satu dari tiga unsur tersebut juga patut diwaspadai, seperti kopi dan teh. Kamu tentu tidak ingin gigi tiba-tiba ngilu ketika Kamu sedang menyeruput minuman favorit Kamu tersebut di pagi hari. Jikalau ingin meminum kopi atau teh, pastikan suhunya tidak terlalu tinggi. Kamu bisa menunggu beberapa saat untuk meminumnya setelah diseduh.

Bagi Kamu yang tidak mempunyai gigi yang sensitif, tetap harus waspada terutama setelah melakukan proses pemutihan gigi (bleaching). Karena, menurut drg. Melissa, "Gigi akan menjadi lebih sensitif setelah mengalami proses pemutihan karena pemakaian hidrogen peroksida yang tinggi." Maka dari itu, rawatlah gigi Kamu secara rajin dan sebaik mungkin. Gigi yang sehat merupakan kunci bagi senyum yang mempesona.

(yuri/gur)

Rekomendasi

Comments