Perang Urat Saraf Bos Apple

Nasional

News / Nasional

Perang Urat Saraf Bos Apple

Perang Urat Saraf Bos Apple

KEPONEWS.COM - Perang Urat Saraf Bos Apple Kepala Eksekutif Apple Tim Cook menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan teknologi yang menghuni Lembah Silikon (Silicon Valley) mempunyai tanggung jawab atas inovasi yang mereka buat. "Akhir-akhir ini,...

Kepala Eksekutif Apple Tim Cook menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan teknologi yang menghuni Lembah Silikon (Silicon Valley) mempunyai tanggung jawab atas inovasi yang mereka buat.

"Akhir-akhir ini, harus diakui, industri menjadi tempat yang dikenal sebagai 'pusat inovasi'. Karena itu, Kamu (pengguna) harus menuntut tanggung jawab kepada mereka," katanya, dilansir dari Business Insider, Senin, 17 Juni 2019.


Perang Urat Saraf Bos Apple
VIVA
CEO Apple, Tim Cook.

Komentar Cook ini diungkapkannya ketika berpidato di Universitas Stanford, perguruan tinggi yang sangat dihormati di dunia teknologi serta mempunyai reputasi baik untuk berkarir sebagai eksekutif di Silicon Valley.

Tokoh-tokoh teknologi yang muncul saat itu antara lain Pendiri Google, Larry Page dan Serger Brin, serta Kepala Eksekutif Netflix, Reed Hasting. Cook menambahkan bila dirinya melihat kurangnya tanggung jawab dari para raksasa teknologi tersebut.

"Contohnya sudah banyak, seperti kebocoran data, pelanggaran privasi, ujaran kebencian (hate speech), dan juga informasi bohong (hoax)," jelas Cook. Namun, bos Apple ini tidak secara spesifik menyebut nama perusahaan teknologi yang dimaksud.

Meski begitu, Cook mendorong pentingnya privasi digital. Karena, menurutnya pengawasan digital saat ini dinilai minim dilakukan oleh para perusahaan teknologi di Silicon Valley. "Ini menciptakan 'efek dingin yang sangat mendalam'," ungkap dia.

Namun, merujuk dari komentar keras Cook, maka analis menduga Facebook dan anak usahanya yang dimaksud bos Apple tersebut. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini diketahui bermasalah dengan kebocoran data privasi dan YouTube, salah satu anak usahanya, juga harus berurusan oleh komentar homophobia dan rasis.

"Banyak yang berpikir niat baik itu membuang hal yang buruk. Namun, suka atau tidak, apa yang Kamu bangun dan apa yang Kamu perbuat itu menentukan siapa Kamu sebenarnya. Kalau Kamu menciptakan 'pabrik yang kacau', maka Kamu tidak bisa menghindari tanggung jawab dari kekacauan itu," kata Cook.

Comments