Penyerahan Surat Kepercayaan Dubes RI Tak Dilakukan di Gedung Putih Karena Omicron, Ini Pesan Biden

Internasional

News / Internasional

Penyerahan Surat Kepercayaan Dubes RI Tak Dilakukan di Gedung Putih Karena Omicron, Ini Pesan Biden

Penyerahan Surat Kepercayaan Dubes RI Tak Dilakukan di Gedung Putih Karena Omicron, Ini Pesan Biden

KEPONEWS.COM - Penyerahan Surat Kepercayaan Dubes RI Tak Dilakukan di Gedung Putih Karena Omicron, Ini Pesan Biden WASHINGTON Presiden Amerika Serikat (AS), Joseph R. Biden, secara resmi telah mendapatkan surat-surat Kepercayaan (Letter of Credence) dari Duta Besar (Dubes) Rosan Perkasa Roeslani pada Kamis (20/1/2...

WASHINGTON Presiden Amerika Serikat (AS), Joseph R. Biden, secara resmi telah mendapatkan surat-surat Kepercayaan (Letter of Credence) dari Duta Besar (Dubes) Rosan Perkasa Roeslani pada Kamis (20/1/2022).

Penyerahan Surat-surat Kepercayaan dari Dubes RI yang baru tidak dilakukan melalui upacara khusus di Gedung Putih, berkaitan dengan penyebaran varian Omicron.

Mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 dimana penyebaran varian Omicron sedang sangat tinggi, proses penyerahan Surat-surat Kepercayaan dari para Dubes asing yang baru tiba di Ibu Kota AS, tidak dilakukan melalui upacara khusus di Gedung Putih.

Amerika Serikat akan Bagikan 400 Juta Masker N95 Gratis untuk Warganya demi Cegah Penyebaran Omicron

Dalam sambutan tertulisnya, disebutkan bahwa Joe Biden tersebut menyambut hangat kedatangan Dubes Rosan dan keluarga di Washington, D.C..

Biden juga memberikan komitmennya untuk meningkatkan kerjasama dalam memajukan rencana bersama, memperdalam persahabatan yang telah terjalin erat antara RI-AS.

Indonesia dan AS telah bersahabat lebih dari 70 tahun dan Kemitraan Strategis mencerminkan komitmen bersama terhadap demokrasi dan masyarakat sipil, peningkatan perdagangan dan investasi, pencegahan perubahan iklim, keamanan regional dan global, serta pertukaran budaya. Kehadiran kamu sangat krusial untuk terus meningkatkan kerja sama yang telah terbangun dekat tersebut serta isu-isu yang menjadi kepentingan regional dan global lainnya tambah Presiden AS ke-46.

Risiko Tinggi Covid-19, CDC Amerika Serikat Tambah 22 Negara Masuk Daftar Avoid Travel

Joe Biden menegaskan peran penting Indonesia di Daerah dan mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di Daerah Indo-Pasifik.

Kami sangat mengapresiasi kepemimpinan Indonesia di wilayah Indo-Pasifik, dan mengharapkan penguatan kerjasama di Asia Tenggara, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan seluruh dunia, khususnya dalam kaitannya dengan Presidensi Indonesia di G20 tahun 2022, kata Biden.

Presiden Biden juga memberikan kesiapannya untuk terus berkolaborasi dalam isu kesehatan global.

Termasuk di antaranya kerjasama penanganan dan pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19 serta peningkatan kesejahteraan dua bangsa melalui penguatan hubungan ekonomi dan investasi kedua negara.

VARIAN OMICRON - Presiden AS Joe Biden berbicara dengan anggota Tim Tanggap Covid-19 Gedung Putih mengenai perkembangan terbaru terkait varian Omicron, pada 4 Januari 2022, di South Court Auditorium Gedung Putih di Washington, DC. - AS mencatat lebih dari 1 juta kasus Covid-19 pada 3 Januari 2022, menurut data dari Universitas Johns Hopkins, ketika varian Omicron terus menyebar dengan kecepatan tinggi. (MANDEL NGAN / AFP)VARIAN OMICRON - Presiden AS Joe Biden berbicara dengan anggota Tim Tanggap Covid-19 Gedung Putih mengenai perkembangan terbaru terkait varian Omicron, pada 4 Januari 2022, di South Court Auditorium Gedung Putih di Washington, DC. - AS mencatat lebih dari 1 juta kasus Covid-19 pada 3 Januari 2022, menurut data dari Universitas Johns Hopkins, ketika varian Omicron terus menyebar dengan kecepatan tinggi. (MANDEL NGAN / AFP) (AFP/MANDEL NGAN)

Selain itu, Presiden AS itu juga berharap akan terus tumbuhnya hubungan keamanan bilateral dua negara melalui kerja sama efektif antar entitas militer, polisi dan sipil.

Diterimanya Surat-surat Kepercayaan tersebut sekaligus menandai masa tugas Dubes Rosan sebagai Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk AS yang ke-21.

Secara khusus, Dubes Rosan juga telah memberikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Joe Biden.

Comments