Penyebab Seorang Kakak Enggan Dilangkahi Menikah oleh Sang Adik

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Penyebab Seorang Kakak Enggan Dilangkahi Menikah oleh Sang Adik

Penyebab Seorang Kakak Enggan Dilangkahi Menikah oleh Sang Adik

KEPONEWS.COM - Penyebab Seorang Kakak Enggan Dilangkahi Menikah oleh Sang Adik Penyebab Seorang Kakak Enggan Dilangkahi Menikah oleh Sang Saudara termuda (Depositphotos) Jodoh itu misteri, tak ada yang tahu kapan datangnya. Ada yang sudah di depan mata, ada pula yang belakangan...

Penyebab Seorang Kakak Enggan Dilangkahi Menikah oleh Sang Saudara termuda (Depositphotos)

Jodoh itu misteri, tak ada yang tahu kapan datangnya. Ada yang sudah di depan mata, ada pula yang belakangan datangnya.

Namun bagaimana bila jodoh si saudara termuda datang lebih dulu daripada si kakak?

Tak jarang, si kakak keberatan "dilangkahi" menikah oleh si saudara termuda. Atau si kakak meminta tanda mata atau hadiah atau pelangkah sebagai syarat menikah si saudara termuda.

Salah satu alasannya adalah kakak enggan adiknya menikah duluan karena takut seret jodoh. Menurut psikolog klinis dewasa Pustika Rucita, anggapan ini muncul karena pengaruh budaya dan kepercayaan turun-temurun. Anggapan ini akhirnya memengaruhi pengambilan keputusan ketika akan memasuki tahap pernikahan.

Faktor lainnya adanya tuntutan orang tua. Sepengamatan saya, fenomena ini lebih banyak terjadi pada saudara sesama perempuan karena mungkin ada tuntutan tertentu pada perempuan. Misalnya. perempuan sebaiknya menikah sebelum usia tertentu sehingga kalau 'dilangkahi' menikah akan 'berpengaruh' (terhadap jodohnya), terang Pustika.

(yuri / gur)

Comments