Penyanyi Yahudi Gad Elbaz buka suara soal lagu kampanye Anies-Sandi

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Penyanyi Yahudi Gad Elbaz buka suara soal lagu kampanye Anies-Sandi

Penyanyi Yahudi Gad Elbaz buka suara soal lagu kampanye Anies-Sandi

KEPONEWS.COM - Penyanyi Yahudi Gad Elbaz buka suara soal lagu kampanye Anies-Sandi Seperti yang kita ketahui bersama, Pilkada DKI Jakarta memang menarik perhatian publik. Beragam kejadian seputar Pilkada dan juga paslonnya kerap menjadi topik perbincangan. Nah, salah satunya baru-ba...

Seperti yang kita ketahui bersama, Pilkada DKI Jakarta memang menarik perhatian publik. Beragam kejadian seputar Pilkada dan juga paslonnya kerap menjadi topik perbincangan. Nah, salah satunya baru-baru ini yang menyedot perdebatan ialah munculnya isu lagu mars kampanye Anies-Sandi berjudul 'Ayo Kobarkan Semangat Jakarta', yang disebut mengadopsi lagu penyayi Israel, Gad Elbaz, berjudul 'Hashem Meleh'.

Katanya benci Israel...tapi koq lagu ISRAEL yg dijiplak PKS & kelompok Islam u/ kampanye Anies-Sandi. Atau mrk sdh jd pengagum Yahudi skrg? pic.twitter.com/e6jjIcuq33

Timothy Simamora (@JTmor) April 6, 2017

Setelah mendapatkan kritikan tersebut, tim mars kampanye Anies-Sandi pun membantah tuduhan tersebut. Melalu website resmi kampanyenya pada Kamis (6/4) lalu mengatakan bahwa lagu yang diberi judul 'Ayo Kobarkan Semangat Jakarta Anies-Sandi' berasal dari 'Kobarkan Semangat Indonesia', yang selalu dibawakan oleh Taufiq Ridho, mantan Sekjen PKS dan Shoutul Harokah ketika menjelang kampanye Pileg 2014.

Namun pagi ini, Sabtu (8/4), sang pemilik lagu 'Hashem Meleh', Gad Elbaz akhirnya menanggapi isu tersebut. Ia mengunggah foto screenshot video Hashem Meleh yang ia nyanyikan dan diunggah di YouTube official milik Gad Elbaz semenjak tahun 2013. Dalam foto tersebut, tertulis juga postingan yang panjang dari Elbaz terkait lagunya yang digunakan oleh Tim Anies-Sandi.

foto: Instagram/@gadelbaz

"Lagu ini sudah keluar 5 tahu lalu di 2013, dan di Indonesia lagu ini digunakan untuk kepentingan berpolitik. Politisi tersebut juga merupakan anti-Israel dan Muslim ekstrimis yang bernama Sandiaga Uno," tulis Elbaz.

Ia pun menambahkan, "Aku juga ingin menyatakan bahwa mereka mengatakan kalau aku yang meniru lagu mereka. (Padahal) lagu ini keluar sebelum penyanyi macam Mark Anthony membuat lagu yang mirip. Lagu ini ialah lagu Yahudi yang terkenal di dunia."

Mengetahui hal tersebut, netizen Indonesia tentunya tidak tinggal diam. Mereka membanjiri kolom komentar Elbaz dengan beragam komentar.

"Malu-maluin Indonesia aja bung...bukan mau buat bangga," tulis pemilik akun ahmadenny10.

"We are sorry for this," tulis netizen yang lainnya.

Untuk diketahui beberapa sumber menyebutkan bahwa lagu Hashem Melech merupakan lagu yang dinyanyikan musisi berdarah Yahudi dari Rehovot, Israel pada tahun 2013. Hashem Melech berarti 'Tuhan ialah Raja'. Pada tahun 2016, Gad Elbaz meluncurkan ulang lagu ini dengan judul 'Hashem Melech 2.0' bersama Rapper Nissim.

Lagu sederhana dengan pengulangan bahwa Yehovah ialah Tuhan yang menjadi raja di masa lalu, kini, dan selamanya ini memang mudah dihafal, sehingga menjadi lagu rohani wajib bagi penganut Yahudi. Selain itu juga membantu penyebaran paham mengenai ketuhanan dalam budaya Yahudi ke seluruh dunia.

Nah, setelah mengetahui hal ini, bagaimana nih pendapat kalian?

(tin)

Comments