Penyakit yang Rentan Menyerang Bayi dan Anak saat Banjir

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Penyakit yang Rentan Menyerang Bayi dan Anak saat Banjir

Penyakit yang Rentan Menyerang Bayi dan Anak saat Banjir

KEPONEWS.COM - Penyakit yang Rentan Menyerang Bayi dan Anak saat Banjir Musim hujan dan musim banjir seperti sekarang memang mengancam kesehatan tubuh. Tak hanya orang dewasa, tapi juga bayi dan anak-anak. Dibandingkan orang dewasa, bayi dan anak-anak lebih mudah terseran...
Loading...

Musim hujan dan musim banjir seperti sekarang memang mengancam kesehatan tubuh. Tak hanya orang dewasa, tapi juga bayi dan anak-anak. Dibandingkan orang dewasa, bayi dan anak-anak lebih mudah terserang virus karena sistem kekebalan tubuh belum tepat.

Ancaman kesehatan pada bayi dan anak- anak di saat musim banjir tak bisa dianggap sepele. Disebutkan dokter spesialis anak, Dr. dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A (K) sederet penyakit di sistem pernafasan seperti ISPA hingga pencernaan mengintai bayi dan anak-anak di musim banjir.

Saluran pernapasan bagian atas, terutama di anak, jadi organ tubuh yang paling mudah terpapar virus, seperti influenza. Orangtua harus menjaga saluran pernapasan atas anak agar tidak mudah tertular selesma (pilek dan bersin biasa). Sering anak itu dapat pengobatan antibiotik yang tidak perlu karena gejala selesma, padahal selesma dapat sembuh dengan sendirinya, jelas Dr. dr. Nastiti kala ditemui Kamis (27/2/2020) di Plataran Menteng, Jakarta Pusat.

Banjir Jakarta

(Foto : Dok.Okezone)

Bukan hanya risiko infeksi pernafasan, di musim banjir ini para orangtua juga harus waspada kemungkinan terjadinya diare hingga penyakit kulit.

Diare akut dan penyakit kulit juga bisa. Diare itu buang air besarnya mencret . Bisa karena kekurangan air bersih, karena sumber air bersihnya berkurang sehingga makanan atau tangan menjadi kurang bersih waktu anak makan makanya terjadi diare. Ya kalau kulit sudah pasti, air yang kurang bersih kontak dengan kulit terjadi penyakit kulit, tutupnya singkat.

(hel)

Comments