Pentingnya Operasi Penanganan Segera Pada Bayi Bibir Sumbing

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Pentingnya Operasi Penanganan Segera Pada Bayi Bibir Sumbing

Pentingnya Operasi Penanganan Segera Pada Bayi Bibir Sumbing

KEPONEWS.COM - Pentingnya Operasi Penanganan Segera Pada Bayi Bibir Sumbing Setiap orangtua berharap mempunyai bayi yang sehat dan tanpa kelainan. Namun ada beberapa bayi yang terlahir dengan kelainan, salah satunya bibir sumbing. Dilansir WHO, pada etnis Asia, angka kejadian...

Setiap orangtua berharap mempunyai bayi yang sehat dan tanpa kelainan. Namun ada beberapa bayi yang terlahir dengan kelainan, salah satunya bibir sumbing.

Dilansir WHO, pada etnis Asia, angka kejadian bibir sumbing terjadi sekitar 2,1 kasus di antara 1000 kelahiran. Namun di Indonesia dilansir Riskesdas, jumlah pasien bibir dan langit-langit mulut sumbing sekitar 3000-6000 kelahiran per tahun atau 1 kasus per 1000 kelahiran.

Drg. Andi Setiawan Budihardja SpBM(K) Spesialis bedah mulut dan maksilofasial dari Siloam Komprehensif Cleft Center mengatakan bahwa insiden cacat sumbing atau kelainan deformitas kongenital disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi, dapat terjadi pada bibir, langit-langit mulut (palatum), ataupun pada keduanya memang umum ditemukan.

"Namun pada kasus langka cacat sumbing hingga ke wajah, jarang sekali diketemukan. Dari 100 pasien yang kami tangani pada 2019, kami juga berhasil melakukan perbaikan fungsi wajah, bibir dan dinding langit mulut pada pasien Viky dalam penanganan kasus langka tersebut," ujar Andi di di Siloam Hospitals Lippo Village Paviliun B beberapa waktu lalu.

Pasien Viky Nuhu (5) bersama drg Andi Setiawan dan wakil panti asuhan.

Penanganan secara komprehensif dan menyeluruh, merupakan satu hal utama yang diterapkan di Siloam Komprehensif Cleft Center dalam melakukan tindakan dan pelayanan terhadap pasien pengidap bibir sumbing.

ilustrasi bayi.

Tak Diketahui Penyebabnya, Ini Cara Hindari Bibir Sumbing saat Hamil

Ilustrasi bayi

5.800 Bayi Indonesia Lahir dengan Bibir Sumbing, Apa Penyebabnya?

Penderita bayi bibir sumbing.

Operasi Bibir Sumbing Baiknya Dilakukan Semenjak Usia Dini, Ini Syaratnya

Penderita bayi bibir sumbing.

Bayi Terlahir Bibir Sumbing Harus Segera Diperbaiki

ilustrasi bayi.

Kelainan Bibir Sumbing Bisa Hambat Asupan Gizi

Ilustrasi bayi

Ibu Hamil Kurang Vitamin B Picu Bibir Sumbing pada Bayi

"Penanganan cacat sumbing ini saling terkait satu dengan lainnya. Harus kompresif dan terencana. Terlebih pasien yang dihadapi umumnya ialah bayi yang berusia bulanan," imbuh Andi.

Operasi bibir sumbing umumnya dapat dilakukan pada bayi berusia 3-12 bulan. Jikalau bibir sumbing yang terjadi memengaruhi bentuk hidung, dokter yang melakukan operasi bibir sumbing juga akan memperbaiki bentuk hidung pasien. Operasi perbaikan bentuk hidung ini dikenal dengan nama rhinoplasty.

Untuk keperluan operasi, dokter dapat mengambil jaringan dari bagian tubuh lain (cangkok). Pasien penderita bibir sumbing dapat menjalani beberapa kali operasi untuk menutup sumbingnya secara tepat.

Masalah bibir sumbing menginisiasi RS Siloam adakan kegiatan bakti sosial (baksos) layanan kesehatan melalui operasi celah bibir (bibir sumbing). Setiap tahunnya diadakan Siloam Komprehensif Cleft Center kepada setiap pasien yang membutuhkan. Jelang tutup tahun 2019, kegiatan baksos tersebut secara menyeluruh telah melayani 100 pasien operasi bibir sumbing.

"Ini wujud kepedulian kami terhadap masyarakat, khususnya warga di Tangerang dan secara umum termasuk pasien yang datang dari Sumatera, Kalimantan dan juga beberapa dari kota Bekasi. Dengan dukungan Smile Train dan Yayasan Dharma Wulan, wujud kepedulian ini dilakukan tanpa biaya sepeserpun," ungkap Andi.

Comments