Pentingnya Mengenali Penyebab Alergi pada Anak-Anak

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Pentingnya Mengenali Penyebab Alergi pada Anak-Anak

Pentingnya Mengenali Penyebab Alergi pada Anak-Anak

KEPONEWS.COM - Pentingnya Mengenali Penyebab Alergi pada Anak-Anak Anak-anak menjadi kelompok usia yang rentan mengalami alergi. Alhasil peran serta orangtua sangat diharapkan untuk menangani kondisi anak yang alergi termasuk pemberian nutrisi alternatif yang tepat....

Anak-anak menjadi kelompok usia yang rentan mengalami alergi. Alhasil peran serta orangtua sangat diharapkan untuk menangani kondisi anak yang alergi termasuk pemberian nutrisi alternatif yang tepat.

Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof. Dr. dr. Budi Setiabudiawan SpA(k), M.Kes. mengatakan alergi merupakan suatu respon sistem imun yang tidak normal dalam hal mengenali bahan yang sebenarnya tidak berbahaya.

susu sapi

Misal anak dikasih udang. Padahal udang bagus, tapi bagi anak dengan alergi respon imun berlebihan sehingga timbul gejala alergi. Bahan yang menimbulkan alergi tersebut kita namakan alergen, terang Prof Budi, Senin (29/6/2020).

Alergen bisa berupa makanan atau sesuatu yang terhirup. Beberapa makanan yang paling sering menyebabkan alergi merupakan susu sapi, makanan laut, dan ikan. Sementara bahan terhirup yang berpotensi menyebabkan alergi ialah tungau debu rumah, dan jamur.

Dalam konteks anak, kejadian yang paling sering ditemui oleh orangtua merupakan alergi yang disebabkan oleh susu sapi. Alergi susu sapi disebabkan oleh protein yang ada di dalamnya adalah kasein dan whey. Namun kejadian alergi susu sapi ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Manifestasi terbanyak dari alergi susu sapi ialah dermatitis atopik. Jadi kalau seorang anak sudah terdiagnosa alergi harus segera diatasi. Karena akan menimbulkan dampak yang tidak diinginkan, tak hanya pada si kecil tapi keluarga juga, lanjutnya.

Diet Turunkan Berat Badan? Begini 4 Cara Kurangi Porsi Makan

Anak yang terkena alergi akan menimbulkan dampak jangka panjang. Apabila tidak diatasi dapat meningkatkan risiko degeneratif seperti obesitas, hipertensi, jantung. Selain itu alergi juga dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

(DRM)

Comments