Pentingnya Aplikasi Guna Mempermudah Pelajar Belajar Daring

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pentingnya Aplikasi Guna Mempermudah Pelajar Belajar Daring

Pentingnya Aplikasi Guna Mempermudah Pelajar Belajar Daring

KEPONEWS.COM - Pentingnya Aplikasi Guna Mempermudah Pelajar Belajar Daring HINGGA saat ini kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring atau virtual. Namun hal ini memang tak dipungkiri, bahwa belajar daring memang mempunyai tantangan tersendiri, baik untuk anak m...

HINGGA saat ini kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring atau virtual. Namun hal ini memang tak dipungkiri, bahwa belajar daring memang mempunyai tantangan tersendiri, baik untuk anak maupun orang tua dan guru yang mendampingi.

Banyak sekali riset menyebutkan, bahwa kurang optimalnya kegiatan belajar mengajar secara jarak jauh yang meliputi keterbatasan sumber daya, pengawasan, serta interaksi efektif selama proses belajar berisiko menimbulkan learning loss (kehilangan minat belajar).

belajar daring

The Education and Development Forum (2020) mendefinisikan, learning loss sebagai situasi di mana peserta didik kehilangan pengetahuan dan keterampilan baik umum atau khusus atau kemunduran secara akademis, yang terjadi karena kesenjangan berkepanjangan atau ketidakberlangsungannya proses pendidikan.

Untuk itu sejumlah software dibuat untuk membantu para pelajar dalam melaksanakan belajar daring. Serta tak sedikit software yang memberikan kemudahan, supaya saat belajar anak-anak lebih mudah paham.

Misalnya webinar dan Live Class Demo gratis untuk membantu orang tua dan guru mempersiapkan pendampingan maksimal selama tahun ajaran baru 2021. Selain itu sederet talk show inspiratif juga muncul untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa.

Chief Executive Officer (CEO) Pahamify, Syarif Rousyan Fikri mengatakan, pihaknya memahami bahwa kegiatan belajar-mengajar secara daring ini menjadi hal yang baru bagi kita semua.

"Di tahun kedua pembelajaran jarak jauh, Pahamify muncul menemani dan memberikan semangat baru bagi siswa di seluruh Indonesia serta guru dan orang tua yang berperan besar dalam mewujudkan keinginan anak," katanya dalam keterangan resminya Kamis (5/8/21).

Hal ini, ujar Syarif, dilakukan agar guru tidak perlu pusing mencari dan membuat materi pembelajaran yang menarik saat melaksanakan belajar daring. Selain itu juga bisa lebih fokus pada pembahasan materi di kelas. Lalu dilakukan demi meminimalisir potensi learning loss.

(DRM)

Comments