Penting, Deteksi Dini Kanker Secara Berkesinambungan

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Penting, Deteksi Dini Kanker Secara Berkesinambungan

Penting, Deteksi Dini Kanker Secara Berkesinambungan

KEPONEWS.COM - Penting, Deteksi Dini Kanker Secara Berkesinambungan Hingga saat ini kanker masih menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Ini karena seringkali deteksi pada penderitanya terlambat dan telah memasuki stadium lanjut. Padahal, jikalau didet...

Hingga saat ini kanker masih menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia. Ini karena seringkali deteksi pada penderitanya terlambat dan telah memasuki stadium lanjut.

Padahal, jikalau dideteksi secara dini, kemungkinan penyembuhan akan semakin besar. Spesialis kanker RS Siloam Semanggi, Dr. Jeffrey B Tenggara, SpPD, KHOM., mengatakan diharapkan deteksi dini yang berkesinambungan untuk memperbesar peluang keberhasilan sembuh.

"Meskipun kanker dapat diobati namun dalam prosesnya membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Satu hal yang harus selalu kami ingatkan merupakan lakukan deteksi dini dalam periode yang berkesinambungan," kata Jeffrey dalam keterangan pers yang diterima VIVA.

Suntik vaksinasi.

Vaksin merupakan salah satu cara untuk meminimalisir risiko kanker.

Misalnya pencegahan suntik vaksin untuk cegah kanker serviks dan hepatitis. Jeffrey juga mengungkap apabila ditemukan kanker dalam fase stadium lanjut, maka tim ahli dapat melakukan penanganan pengobatan secara maksimal.

"Deteksi dini kanker sangat bermanfaat. Apabila ditemukan bakal calon kanker pada tubuh, persiapan pengobatan akan semakin mudah. Beda penanganan apabila pasien datang setelah menderita kanker secara akut," katanya.

Sementara itu dr. Niken Wastu Palupi, Kasubdit Penyakit Kanker dan Kelainan Dalam Kementerian Kesehatan, mengungkapkan bahwa pemerintah telah meluncurkan kampanye CERDIK semenjak tahun 2012. CERDIK merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara terpola, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

"Bila CERDIK dijalankan dengan baik, maka dapat mengurangi risiko terkena kanker," Niken menjelaskan.

Comments