Pentas Wayang Bisa Jadi Ajang Berantas Narkoba, Begini Strateginya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Pentas Wayang Bisa Jadi Ajang Berantas Narkoba, Begini Strateginya

Pentas Wayang Bisa Jadi Ajang Berantas Narkoba, Begini Strateginya

KEPONEWS.COM - Pentas Wayang Bisa Jadi Ajang Berantas Narkoba, Begini Strateginya ADA banyak pesan moral penting yang bisa disampaikan lewat wayang. Salah satunya merupakan memberantas narkoba yang merebak di kalangan generasi milenial saat ini. Sebabnya, bahaya narkoba sangat buru...

ADA banyak pesan moral penting yang bisa disampaikan lewat wayang. Salah satunya merupakan memberantas narkoba yang merebak di kalangan generasi milenial saat ini.

Sebabnya, bahaya narkoba sangat buruk untuk kesehatan karena menyebabkan adiksi. Belum lagi obat-obatan terlarang itu bisa merenggut nyawa orang dengan cepat.

Kabag Humas Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulistyo Pudjo menyebutkan, sekira 40 orang per hari meninggal dunia karena narkoba. Angka prevalensinya tahun 2018 sebanyak 1,77% atau sekira 3,3 juta penduduk Indonesia.

Desainer Ikonik Karl Lagerfeld Meninggal Dunia di Usia 85 Tahun

"Pengguna narkoba ada di sekitar kita. Artinya, bahwa potensi ancaman terhadap keberadaan bangsa sulit dipertahankan dan terjadi pada orang hebat. Mereka ini sudah adiksi," tutur Pudjo saat ditemui di TMII, Jakarta Timur.

Karena itulah, BNN bersedia menggandeng pelaku pewayangan dalam memberantas narkoba. Ketika pementasan wayang biasanya diselipkan guyonan-guyonan, yang mengarah pada pencegahan penggunaan narkoba.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (Sena Wangi) Suparmin Sunjoyo menambahkan, paling tidak memberantas penggunaan narkoba dimulai dari pelaku pewayangan. Dari situ, kemudian mereka menularkan hal baik itu kepada para penonton lewat pertunjukan wayang.

"Para dalang mesti bebas narkoba. Lalu biasanya memberi pesan pencegahan dan pemberantasan narkoba lewat cerita wayang. Peranan wayang sudah bisa sampai kesitu.

Dipandang Membosankan, Bagaimana agar Kesenian Wayang Dicintai Milenial?

Karenanya, sebut Suparmin, saat ini orang-orang mesti disadarkan supaya tidak terjerumus memakai barang haram. Apalagi ketika memakai narkoba bisa cepat menular ke lingkungannya.

Langkah ini dinilai sangat efektif dalam menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman narkoba. Apalagi pementasan wayang untuk generasi milenial, mesti relevan dengan cerita kehidupan zaman now, supaya tidak membosankan.

(dno)

Comments