Penjualan Komoditas Rempah Terhajar Bumbu Kemasan

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Penjualan Komoditas Rempah Terhajar Bumbu Kemasan

Penjualan Komoditas Rempah Terhajar Bumbu Kemasan

KEPONEWS.COM - Penjualan Komoditas Rempah Terhajar Bumbu Kemasan JAKARTA - Kehadiran bumbu kemasan yang diproduksi industri makanan skala besar berdampak terhadap melesunya angka penjualan komoditas rempah dan bumbu dapur di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur....

JAKARTA - Kehadiran bumbu kemasan yang diproduksi industri makanan skala besar berdampak terhadap melesunya angka penjualan komoditas rempah dan bumbu dapur di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Orang-orang cenderung memilih yang praktis dan instan, yaitu bumbu kemasan," kata Mursito, pedagang rempah di Pasar Induk Kramat Jati, melansir laman antaranews, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Emak-Emak Serbu Operasi Pasar Murah Kementan

Dengan membanjirnya iklan bumbu kemasan di banyak sekali stasiun televisi maupun baliho semenjak 2000-an hingga sekarang, ucap dia, angka penjualan terus merosot hingga 50 persen. "Dulu biasanya beli banyak untuk dijual lagi di pasar-pasar tradisional, sekarang kurang," ucapnya.

Rempah

Hal senada juga disampaikan Berlin, salah seorang pedagang rempah lainnya di Pasar Induk Kramat Jati bahwa bumbu kemasan saat ini menjadi saingan mereka dalam berdagang.

Mendag dan Mentan Jamin Harga Bahan Pokok Terkendali

"Saingan kami sekarang bumbu kemasan dari pabrik. Ini yang membuat pembeli rempah yang datang ke pasar sepi," ujarnya.

Di Pasar Induk Kramat Jati, rempah-rempah itu datang dari banyak sekali daerah di Indonesia, termasuk impor luar negeri. Pembeli didominasi pedagang kecil yang akan membantu menjual kembali rempah-rempah tersebut ke seluruh wilayah DKI Jakarta.

(rzy)

Comments