Penjelajah NASA Temukan Batu Mirip Kadal di Mars

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Penjelajah NASA Temukan Batu Mirip Kadal di Mars

Penjelajah NASA Temukan Batu Mirip Kadal di Mars

KEPONEWS.COM - Penjelajah NASA Temukan Batu Mirip Kadal di Mars Penjelajah NASA Curiosity di Mars baru-baru ini menemukan fasilitas batu kecil dengan bentuk lucu di Kawah Gale, lokasi di mana robot penjelajah tersebut mendarat semenjak 2012....

Penjelajah NASA Curiosity di Mars baru-baru ini menemukan fasilitas batu kecil dengan bentuk lucu di Kawah Gale, lokasi di mana robot penjelajah tersebut mendarat semenjak 2012.

Batu dengan lengkungan dan bertekstur itu hanya setinggi 16,5 sentimeter, namun para ahli sangat tertarik dengan bentuknya karena menyerupai kadal.

"Saya terus terpesona oleh tekstur yang kami temukan, terutama prevalensi lengkungan dan gumpalan yang menyembul dari batuan dasar," tulis Abigail Fraeman, ahli geologi planet dari Jet Propulsion Laboratory NASA dalam unggahan blog.

Dilansir dari Live Science, Kamis (5/8/2021), batu ini berada di dasar Gunung Sharp, puncak setinggi 5,5 kilometer dari lantai Kawah Gale.

NASA Curiga Ada Air Tersembunyi di Bayangan Bulan

Menurut Fraeman, Curiosity sedang mengeksplorasi beberapa geologi menarik pada transisi antara lapisan tanah liat-berat dan lapisan sulfat-sarat dalam batuan gunung.

Sulfat umumnya dapat tertinggal oleh air yang mengalir, sehingga mempelajari lapisan yang mengandung sulfat dapat membantu mengungkap lebih banyak berita perihal masa lalu Mars.

Batu berbentuk aneh di Mars. [NASA]Batu berbentuk aneh di Mars. [NASA]

Curiosity awalnya dirancang untuk menjalankan misi selama dua tahun di Mars, tetapi robot seukuran SUV itu kini telah beroperasi selama sembilan tahun.

Baru-baru ini, para ilmuwan menganalisis data yang dikirim kembali oleh Curiosity mengetahui bahwa tanah liat yang melapisi Kawah Gale kurang stabil daripada yang diyakini sebelumnya.

Dengan kata lain, bukti kehidupan mikroba masa lalu di daerah tersebut bisa saja musnah. Namun, para ahli percaya dapat menemukan petunjuk di bawah permukaan Mars.

Setahun di Mars, Penjelajah Baru NASA Bersiap Kumpulkan Sampel Pertama

Curiosity saat ini menjelajah lebih jauh ke atas Gunung Sharp dan berhenti di sepanjang jalan untuk mengambil gambar.

Comments