Peningkatan Kualitas SDM Kunci Pengembangan Elektrifikasi di Indonesia

Otomotif

News / Otomotif

Peningkatan Kualitas SDM Kunci Pengembangan Elektrifikasi di Indonesia

Peningkatan Kualitas SDM Kunci Pengembangan Elektrifikasi di Indonesia

KEPONEWS.COM - Peningkatan Kualitas SDM Kunci Pengembangan Elektrifikasi di Indonesia Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani BANDUNG - Kolaborasi Triple Helix antara pemerintah, akademisi dan industri otomotif, diwujudkan Toyota Indonesia melalui peresmian fasilitas xEV Center yang...

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

BANDUNG - Kolaborasi Triple Helix antara pemerintah, akademisi dan industri otomotif, diwujudkan Toyota Indonesia melalui peresmian fasilitas xEV Center yang menjadi pusat pembelajaran elektrifikasi.

Melanjutkan komitmen pembelajaran dan pengembangan elektrifikasi di Tanah Air, Toyota menggelar seminar "Aktivitas Riset Universitas sebagai Upaya Mengembangkan Populasi Kendaraan Elektrifikasi" di Bandung pada Jumat (20/5/2022).

Melalui kegiatan ini, Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia memegang peranan penting dalam pengembangan elektrifikasi.

Toyota Indonesia Bangun Fasilitas Pembelajaran Elektrifikasi xEV Center

SDM tersebut terdiri dari generasi muda, serta para pengajar beberapa Universitas di Indonesia untuk melakukan banyak sekali kegiatan riset.

Tujuannya untuk memberikan alternatif solusi dalam mengembangkan pemahaman dan kemampuan di bidang elektrifikasi sebagai bentuk ragam pilihan teknologi "Multi-Pathway", yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan kondisi Indonesia.

Hasil riset yang dikembangkan ini nantinya diharapkan dapat juga mendorong pengembangan industri yang berkelanjutan dan kesiapan SDM yang ada.

Hadirkan Empat Zona, Toyota xEV Center Sajikan Banyak sekali Berita Terkait Elektrifikasi

Corporate Affairs Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, mengatakan SDM Nasional baik akademisi, mahasiswa, generasi muda dan seluruh masyarakat Indonesia memegang peranan strategis, serta menjadi elemen penting di era elektrifikasi.

"Aktivitas seminar dan pengembangan riset dari banyak sekali universitas di Indonesia dapat menjadi media advokasi publik untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM secara bertahap sehingga siap berkontribusi menjadikan Indonesia sebagai pemain global menuju masa depan netralitas karbon, ujar Bob Azam, Jumat (20/5/2022).

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendirikan pusat pembelajaran elektrifikasi, bernama xEV Center yang dibangun di pabrik TMMIN Karawang 3, Jawa Barat, dengan luas area saat ini 600 m2.PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendirikan pusat pembelajaran elektrifikasi, bernama xEV Center yang dibangun di pabrik TMMIN Karawang 3, Jawa Barat, dengan luas area saat ini 600 m2. (istimewa)

Seminar ini menjadi media advokasi publik untuk mencapai keberhasilan menuju era elektrifikasi dan sangat memerlukan kesiapan pengetahuan, serta kemampuan SDM yang didukung ekosistem yang terdiri dari integritas, kebijakan, kegiatan maupun kolaborasi positif dari semua pihak (stakeholders).

Sebagai bagian dari industri otomotif nasional, Toyota Indonesia meyakini keberhasilan era elektrifikasi di Indonesia dapat menyokong upaya peta jalan Pemerintah dalam mencapai sasaran Net Zero Emmission di tahun 2060.

Seminar yang melibatkan partisipasi aktif Akademisi dan Industri Otomotif ini bertujuan agar publik memperoleh pemahaman yang sama akan tantangan dan peluang dalam pengembangan elektrifikasi di Indonesia.

Sejumlah universitas akan memberikan kegiatan riset yang telah dilakukan sebagai upaya tambahan untuk mengembangkan pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Tantangan dan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk menyokong keberhasilan perubahan menuju era elektrifikasi juga akan menjadi topik pembahasan.

Paparan riset ini akan dijelaskan secara langsung oleh perwakilan akademisi dari beberapa universitas di Indonesia antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Udayana (UNUD), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institute Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Comments