Peningkatan Kapasitas Anggota KSB Menjadi Prioritas

Nasional

News / Nasional

Peningkatan Kapasitas Anggota KSB Menjadi Prioritas

Peningkatan Kapasitas Anggota KSB Menjadi Prioritas

KEPONEWS.COM - Peningkatan Kapasitas Anggota KSB Menjadi Prioritas JAKARTA - Peningkatan kapasitas anggota Kampung Siaga Bencana (KSB), latihan rajin dan terstruktur menjadi urutan prioritas kebijakan yang harus segera ditindaklanjuti untuk mempersiapkan masyarakat y...

JAKARTA - Peningkatan kapasitas anggota Kampung Siaga Bencana (KSB), latihan rajin dan terstruktur menjadi urutan prioritas kebijakan yang harus segera ditindaklanjuti untuk mempersiapkan masyarakat yang siap menghadapi bencana.

Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat setelah mendengar pemaparan hasil penelitian perihal Kampung Siaga Bencana.

ini betul-betul menjadi input dalam pengembangan penanganan bencana berbasis komunitas .

KSB merupakan salah satu prioritas yang sifatnya pencegahan. Seperti diketahui setelah terjadi bencana di Selat Sunda perlu ada penyesuaian dalam penyiapan KSB," kata Harry saat mendapatkan delegasi World Food Program (WFP) di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Pembentukan KSB, lanjut Harry mengarah kepada pendekatan daerah. Sehingga pemikiran kampung sebagai daerah, bersifat lokal sifatnya. Mungkin saja terjadi, banjir melintasi beberapa desa, sehingga kita bisa fasilitasi terbentuknya KSB.

KSB tidak identik dengan kampung tetapi lebih kepada memfasilitasi masyarakat untuk lebih bisa mempunyai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, katanya.

WFP telah melakukan studi wacana KSB dengan melibatkan 34 KSB dan 14 mitra kerja di tujuh propinsi.

Dari hasil penelitian tersebut, WFP merekomendasikan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam pengelolaan KSB menjadi prioritas yang utama untuk segera dilakukan.

Prioritas kebijakan yang pertama merupakan capacities (kapasitas), yang kedua permanence (keabadian) dan urutan yang ketiga ialah funding (pendanaan)," ujar Leason Officier EPR WFP Wipsar Dina Triandini.

Penelitian tersebut bertujuan untuk mengumpulkan praktek baik dan pembelajaran dari KSB-KSB yang telah terbentuk untuk meningkatkan kualitas program KSB di masa mendatang.

Peningkatan Kapasitas Anggota KSB Menjadi Prioritas

Comments