Peniliti Ungkap Keberadaan Metana di Mars, Bisa untuk Hidup Manusia?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Peniliti Ungkap Keberadaan Metana di Mars, Bisa untuk Hidup Manusia?

Peniliti Ungkap Keberadaan Metana di Mars, Bisa untuk Hidup Manusia?

KEPONEWS.COM - Peniliti Ungkap Keberadaan Metana di Mars, Bisa untuk Hidup Manusia? Planet Mars. (Wikipedia/NASA) Untuk pertama kalinya, peneliti berani mengkonfirmasi keberadaan gas metana di planet Mars. Keberadaan gas metana ini mengindikasikan kemungkinan bisa untuk tempat hidup...

Planet Mars. (Wikipedia/NASA)

Untuk pertama kalinya, peneliti berani mengkonfirmasi keberadaan gas metana di planet Mars. Keberadaan gas metana ini mengindikasikan kemungkinan bisa untuk tempat hidup manusia di planet Mars.

Sebenarnya, gas metana pertama kali ditemukan oleh robot penjelajah Curiosity pada tahun 2013. Namun saat itu, peneliti belum bisa membuat pernyataan ilmiahnya.

Tapi kini, seorang peneliti bernama Marco Giuranna dari Institute for Space Astrophysics and Planetology di Roma, Italia, mengatakan dalam laporannya bahwa robot Curiosity mendeteksi adanya lonjakan gas metana pada tanggal 15 Juni 2013 dengan kandungan metana sebesar 5,78 bagian per miliar (parts per billion/ppb).

Selain itu, Giuranna juga memperkuat argumennya memakai instrumen yang dimiliki oleh orbiter Mars Express, yang mencatat lonjakan kandungan metana di atmosfer yang mencapai 15,5 ppb, sehari setelah penemuan gas metana yang pertama.

''Walaupun observasi sebelumnya, termasuk Curiosity, telah diperdebatkan, konfirmasi independen pertama wacana lonjakan metana ini meningkatkan kepercayaan pada deteksi kehidupan,'' demikian petikan laporan tersebut seperti dilansir dari Space, Kamis (4/4/2019).

Ilustrasi penjelajahan Mars. (NASA)Ilustrasi penjelajahan Mars. (NASA)

Dengan laporan yang dibuat Giuranna tersebut, teori konspirasi mengenai adanya kehidupan di Mars menjadi semakin kuat.

Giuranna mengungkapkan, adanya metana dalam suatu wilayah mengindikasikan adanya tempat yang bisa ditinggali makhluk hidup.

Gas metana bukan hanya dihasilkan dari mikroba, namun juga bisa muncul dari proses yang disebut serpentinisasi yang melibatkan reaksi campuran dari batu olivine dengan kabon dioksida dan air.

Gas metana yang ada di Bumi juga dihasilkan dari kedua proses tersebut, sehingga Guiranna percaya bahwa Mars juga bisa menjadi tempat asal bagi manusia.

Menurut sang peneliti, gas metana bisa digunakan sebagai sumber karbon dan energi.

Selain itu, manusia juga bisa memanfaatkan metana yang terpendam di bawah permukaan Mars untuk membuat bahan bakar roket, sehingga bisa membantu mereka dalam bermigrasi.

Apakah manusia bisa memanfaatkan gas metana untuk hidup di planet Mars nantinya? ( Tivan Rahmat)

Comments