Pengurus Besar IPOMI Kirim Surat Terbuka ke Jokowi soal Transportasi Bus

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Pengurus Besar IPOMI Kirim Surat Terbuka ke Jokowi soal Transportasi Bus

Pengurus Besar IPOMI Kirim Surat Terbuka ke Jokowi soal Transportasi Bus

KEPONEWS.COM - Pengurus Besar IPOMI Kirim Surat Terbuka ke Jokowi soal Transportasi Bus JAKARTA Pengurus Besar Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) mengirimkan surat terbuka untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam surat terbuka tersebut, pengurus IPOMI menyoroti soal...
Loading...

JAKARTA Pengurus Besar Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) mengirimkan surat terbuka untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam surat terbuka tersebut, pengurus IPOMI menyoroti soal penerapan satu arah di beberapa tol saat mudik Lebaran.

Sebagaimana diketahui, pemerintah akan menerapkan sistem satu arah (one way) dengan jarak tempuh sangat panjang tepatnya mulai ruas tol Cikarang hingga Brebes Barat pada arus mudik dan balik nanti. Skenario one way dipilih karena dinilai lebih efektif untuk mengantisipasi kemacetan parah.

Rencana ini tengah dimatangkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama jajaran terkait. Selain one way, skenario lain yang disiapkan untuk mengurai kemacetan arus mudik merupakan dengan sistem ganjil genap. Namun melihat kondisi lapangan, besar kemungkinan model one way akan lebih dipilih lantaran lebih efektif baik dari kebutuhan personel maupun sarana infrastruktur.

Mudik Lebaran, Tol Trans Jawa Searah dari Cikarang hingga Brebes

Jikalau berjalan efektif, sistem one way juga akan diberlakukan saat arus balik Lebaran pada 8-9 Juni mendatang. Soal jam penerapan rencananya bersifat situasional tergantung kepadatan lalu lintas. Kendati demikian, sejumlah kalangan meminta pemerintah tidak gegabah menerapkan rencana ini. Pemerintah diminta juga memperhatikan hak pengguna jalan tol dari arah berlawanan.

Berikut ialah surat terbuka yang disampaikan IPOMI:

Pak Presiden yang terhormat, kami sangat berterima kasih untuk upaya pemerintah mendorong percepatan pembangunan infrastruktur, wabil khusus jalan tol. Adanya Tol Trans Jawa dan Trans Sumatera sangat membantu kami mencapai waktu tempuh yang belum pernah kami rasakan sebelumnya.

Antrean Kendaraan Memasuki Gerbang Tol Cikarang Utama pada Arus Balik Gelombang II

Biaya yang timbul dengan adanya tarif tol, masih bersahabat dengan kami berkat efisiensi yang kami rasakan. Pelanggan kami juga senang, sedikit demi sedikit kepercayaan masyarakat akan moda transportasi bus mulai terasa. Okupansi kami juga mulai dirasakan naik sedikit demi sedikit, dan optimisme kami dalam berwira usaha kembali berkobar di dalam hati.

Selama hampir 20 tahun terakhir, perusahaan-perusahaan bus yang ada dan bertahan, beberapa kali jatuh bangun dan dibayang-bayangi keputusasaan. Sebagai pengusaha tentu Bapak Joko Widodo bisa memahami.

Infrastruktur jalan yang baik menjadi oase bagi kami. Beberapa anggota Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia, yang merupakan generasi penerus pengusaha bus mulai menata lagi pelayanan transportasi bus terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Comments