Penggunaan Air Tanah Berlebihan Buat Jakarta Tenggelam? Ini Faktanya!

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Penggunaan Air Tanah Berlebihan Buat Jakarta Tenggelam? Ini Faktanya!

Penggunaan Air Tanah Berlebihan Buat Jakarta Tenggelam? Ini Faktanya!

KEPONEWS.COM - Penggunaan Air Tanah Berlebihan Buat Jakarta Tenggelam? Ini Faktanya! JAKARTA - Permukaan tanah di daerah Jakarta dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami penurunan. Bahkan hal ini dapat mengancam tenggelamnya Jakarta karena penurunan permukaan tanah tiap tahunnya....
Loading...

JAKARTA - Permukaan tanah di daerah Jakarta dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami penurunan. Bahkan hal ini dapat mengancam tenggelamnya Jakarta karena penurunan permukaan tanah tiap tahunnya.

Salah satu yang menyebabkan terjadinya penurunan ini ialah penggunaan air tanah yang dilakukan secara terus menerus. Berikut fakta-fakta mengenai penggunaan air tanah Jakarta seperti dirangkum Okezone, Minggu (20/10/2019).

Fakta-Fakta Air Laut 'Menyusup' ke Monas, Air Tanah Tidak Bisa Lagi Digunakan

Ilustrasi Banjir

1. Tiap Tahun Permukaan Tanah Turun 12 Meter

Jakarta akan tenggelam dalam waktu ratusan tahun mendatang. Tentunya dengan catatan bila penggunaan air tanah tetap diambil dan digunakan secara terus menerus.

Berdasarkan data, catatan tertinggi penurunan permukaan tanah di wilayah Jakarta Utara setiap tahunnya mencapai 12 centimeter. Bila diasumsikan selama 10 tahun, maka artinya ada penurunan permukaan tanah hingga 120 centimeter atau 1,2 meter.

Kota Lama Semarang Ditata Ulang, Netizen: Lebih Rapih

2. Penggunaan Air Tanah Berlebihan

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Sunendar mengatakan, berlebihnya penggunaan air di dalam tanah membuat permukaan tanah ikut tergerus dan turun.

Jakarta sendiri masih bergantung pada air tanah sebagai sumber air bersih. Sedangkan baru 40% yang memakai air dari PDAM ataupun sumber air lainnya.

Selanjutnya

Comments