Pengawasan dan Pemahaman Orang Tua Penting Agar Anak Tak Terpapar Konten Berbahaya

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Pengawasan dan Pemahaman Orang Tua Penting Agar  Anak Tak Terpapar Konten Berbahaya

Pengawasan dan Pemahaman Orang Tua Penting Agar Anak Tak Terpapar Konten Berbahaya

KEPONEWS.COM - Pengawasan dan Pemahaman Orang Tua Penting Agar Anak Tak Terpapar Konten Berbahaya Kendati YouTube telah menyatakan tidak menjamin pengaturan ini akurat 100 persen, setidaknya mengurangi potensi anak terpapar konten berisiko. Selain itu, orang tua bisa membimbing anak untuk memakai...

Kendati YouTube telah menyatakan tidak menjamin pengaturan ini akurat 100 persen, setidaknya mengurangi potensi anak terpapar konten berisiko. Selain itu, orang tua bisa membimbing anak untuk memakai YouTube Kids. Sebisa mungkin, luangkan waktu untuk mendampingi anak ketika berselancar di dunia maya.

Pertimbangkan untuk menempatkan komputer di ruang terbuka, yang bisa diakses oleh semua anggota keluarga. Untuk penggunaan gawai, orang tua bisa mengarahkan anak memakai telepon seluler di ruang keluarga atau ketika ada orang dewasa lain yang mendampingi. Sesekali, periksa daftar riwayat anak di dunia maya. Mulai dari software, situs, gim sampai sosmed yang anak gunakan.

Tak hanya mengawasi, orang tua juga harus berperan aktif memahami software atau sosmed yang anak gunakan. Dengan memakai sendiri, orang tua baru bisa menilai apakah software dan sosmed yang digunakan aman untuk anak.

Direktur Project Harmony, komunikasi pusat advokasi anak, Angela Roeber, membeberkan pentingnya komunikasi wacana aktivitas anak di dunia maya. Jabarkan sesuai usia anak perihal keamanan di dunia maya.

"Ajak anak bercerita perihal apa aktivitas yang sering mereka lakukan di dunia maya dan konten serta software apa saja yang digunakan sahabat mereka. Dengan cara ini, orang tua bisa menyasar potensi masalah dibanding terkejut dengan masalah yang tiba-tiba muncul," kata Angela.

(yuri / gur)

Rekomendasi

Pengawasan dan Pemahaman Orang Tua Penting Agar  Anak Tak Terpapar Konten Berbahaya

Comments