Pengaruh Pengalaman Masa Kecil pada Gaya Mengasuh Anak

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Pengaruh Pengalaman Masa Kecil pada Gaya Mengasuh Anak

Pengaruh Pengalaman Masa Kecil pada Gaya Mengasuh Anak

KEPONEWS.COM - Pengaruh Pengalaman Masa Kecil pada Gaya Mengasuh Anak Namun kita juga perlu tahu, cara mengasuh anak dan merespons situasi tertentu seperti saat anak mengalami tantrum juga dipicu alam bawah sadar, sehingga interpretasi kita terhadap situasi yang sama bi...

Namun kita juga perlu tahu, cara mengasuh anak dan merespons situasi tertentu seperti saat anak mengalami tantrum juga dipicu alam bawah sadar, sehingga interpretasi kita terhadap situasi yang sama bisa berbeda-beda.

Menurut Laura Markham, Ph.D, psikolog klinis yang juga editor situs web Aha! Parenting, pikiran bawah sadar ini terbentuk dari pengalaman masa kecil kita.

Markham mencontohkan, ketika anak tidak diperlakukan dengan hormat dan tidak dihargai saat kecil, mereka akan tumbuh menjadi orang dewasa yang tidak menghargai orang lain dan sulit mengembangkan empati terhadap orang lain termasuk anak sendiri.

Jikalau orang tua kerap menyepelekan masalah Kamu bahkan memarahi ketika Kamu sedang kecewa atau sedih, Kamu mungkin akan menyimpulkan bahwa emosi semacam itu ialah sesuatu yang buruk.

Walhasil Kamu akan menjadi orang tua yang menanggapi tangisan dan kekecewaan anak dengan emosi negatif. Dan mereka yang semasa kecil tidak pernah mendapatkan kebanggaan akan tumbuh menjadi dewasa yang tidak pernah puas dan menetapkan standar sangat tinggi.

Saat menjadi orang tua, standar tinggi itu diterapkan pula pada anak-anak. Mereka juga akan menjadi orang tua yang perfeksionis dan selalu menjadi kritikus untuk anak-anak.

(riz / gur)

Rekomendasi

Pengaruh Pengalaman Masa Kecil pada Gaya Mengasuh Anak

Comments