Pengamat Ungkap Bagaimana Bisnis Gelap Dilakukan Di Situs Gelap

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pengamat Ungkap Bagaimana Bisnis Gelap Dilakukan Di Situs Gelap

Pengamat Ungkap Bagaimana Bisnis Gelap Dilakukan Di Situs Gelap

KEPONEWS.COM - Pengamat Ungkap Bagaimana Bisnis Gelap Dilakukan Di Situs Gelap Penelitian Kaspersky mengungkap penjahat dunia maya bermitra dengan penjahat dunia maya yang ingin menjual atau membeli data, layanan, atau menjalin kemitraan - biasanya menghasilkan tigahingga 15 per...

Penelitian Kaspersky mengungkap penjahat dunia maya bermitra dengan penjahat dunia maya yang ingin menjual atau membeli data, layanan, atau menjalin kemitraan - biasanya menghasilkan tiga
hingga 15 persen dari transaksi.

Namun, kesepakatan tersebut masih bisa gagal karena banyak sekali alasan, termasuk yang terkait dengan penipuan Escrow.

Bagaimana usaha semacam itu dilakukan di darknet dijelaskan dalam laporan terbaru oleh tim Kaspersky Digital Footprint Intelligence.

Para penjahat dunia maya yang aktif di darknet juga memperhatikan keamanan siber mereka sendiri, dan tidak ingin menjadi korban dari sesama rekannya.

Gamer Muda Usai 3-16 Tahun Jadi Sasaran Serangan Siber

Saat menutup transaksi apa pun, seperti membeli database, akun, akses awal perusahaan, dll., mereka memakai layanan perantara agen Escrow.

Ini bisa berupa manusia atau sistem otomatis, yang dikembangkan untuk mempercepat dan menyederhanakan kesepakatan yang relatif tipikal.

Ilustrasi pencurian data (Pexels/Towfiqu barbhuiya)Ilustrasi pencurian data (Pexels/Towfiqu barbhuiya)

Untuk kasus yang berskala besar atau tidak biasa, para penjahat dunia maya masih memakai perantara manusia.

Chris Connell, Managing Director Kaspersky untuk Asia Pasifik melihat aktivitas kriminal siber di darknet merajalela, dan banyak sekali transaksi ilegal sering terjadi.

Menurutnya, layanan Escrow bermunculan bersamaan, tetapi aktivitas penipuan yang terkait dengannya juga sering terjadi, sehingga mengganggu ekosistem di darknet.

5 Ancaman Penjahat Siber Manfaatkan Situs Kencan Online di Hari Valentine

"Hal ini membuat para penjahat dunia maya yang merupakan biang dari masalah keamanan siber juga akhirnya mengkhawatirkan masalah keamanan mereka sendiri," kata dia dalam keterangan resminya, Selasa (28/3/2023).

Comments