Pengacara Yusaku Mimura: Warga Asing dan Warga Jepang Punya Hak yang Sama di Muka Hukum

Internasional

News / Internasional

Pengacara Yusaku Mimura: Warga Asing dan Warga Jepang Punya Hak yang Sama di Muka Hukum

Pengacara Yusaku Mimura: Warga Asing dan Warga Jepang Punya Hak yang Sama di Muka Hukum

KEPONEWS.COM - Pengacara Yusaku Mimura: Warga Asing dan Warga Jepang Punya Hak yang Sama di Muka Hukum Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang TOKYO - Pengacara profesional Jepang Yusaku Mimura menekankan hak yang sama baik warga negara Jepang maupun warga asing yang berada di Jepan...

Laporan Koresponden Tribunnews, Richard Susilo dari Jepang

TOKYO - Pengacara profesional Jepang Yusaku Mimura menekankan hak yang sama baik warga negara Jepang maupun warga asing yang berada di Jepang di muka hukum Jepang.

"Tidak ada beda warga asing atau warga Jepang kalau sudah masuk pengadilan, haknya sama," paparnya saat pertemuan via software Zoom dengan members Forum BBB, Jumat (19/2/2021).

Permasalahan dimisalkan perkawinan internasional antara WNI dan warga Jepang.

"Apabila warga Jepang salah ya salah, apabila warga asing salah ya salah. Hakim akan melihatnya sesuai undang-undang hukum yang berlaku sah di Jepang," paparnya.

Mimura juga melihat adanya transaksi jual beli kartu zairyu palsu di Jepang oleh orang asing.

"Jangan terlibat transaksi jual beli kartu resmi pemerintah Jepang yang dipalsukan. Kalau tertangkap terutama yang menjual barang palsu, sanksinya cukup berat," kata dia mengingatkan.

Hati-hati dengan Jasa Titipan, Sekelompok WNI Diciduk Polisi Jepang karena Kedapatan Bawa Narkoba

5 Artis Jepang yang Meninggal Bunuh Diri di Tengah Pandemi Covid-19, Siapa Saja?

Hak asuh anak apabila terjadi perceraian menurutnya dilihat hakim terutama kepada orang yang dinilai mempunyai dana cukup untuk membiayai anak sampai lulus Universitas sampai anak bisa berdiri sendiri di masa dewasanya.

"Kalau suami dinilai hakim layak dan punya uang untuk membiayai anaknya maka biasanya hak asuh pada suami. Namun ada pengecualian pula. Apabila suami dinilai punya kekerasan dan membahayakan si anak, maka anak akan diasuh istri dan dana harus disetorkan kepada istri untuk membiayai kehidupan anak sampai dewasa lulus sekolah," jelasnya.

Hukum di Jepang menurut Mimura sangatlah adil dan tidak bisa dipermainkan oleh siapa pun.

Pengacara Yusaku Mimura (kiri) dan peserta Zoom Mimura, Jumat (19/2/2021).Pengacara Yusaku Mimura (kiri) dan peserta Zoom Mimura, Jumat (19/2/2021). (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Forum BBB sendiri setiap bulan melakukan pertemuan Zoom gratis dengan para anggotanya menampilkan banyak sekali CEO atau eksekutif perusahaan besar Jepang, pengacara dan tokoh masyarakat lainnya.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya bagi para members BBB.

Sementara itu Forum usaha WNI di Jepang baru saja meluncurkan pre-open Belanja Online di www.TokoBBB.com yang akan digunakan berbelanja para WNI di Jepang. Info lengkap lewat email: [email protected]

Comments