Pengacara Ronny: Orang Tua Bharada E Dijaga di Suatu Tempat Rahasia

Nasional

News / Nasional

Pengacara Ronny: Orang Tua Bharada E Dijaga di Suatu Tempat Rahasia

Pengacara Ronny: Orang Tua Bharada E Dijaga di Suatu Tempat Rahasia

KEPONEWS.COM - Pengacara Ronny: Orang Tua Bharada E Dijaga di Suatu Tempat Rahasia JAKARTA - Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menjadi terduga sekaligus saksi kunci dalam sangkaan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah Irjen Ferdy...

JAKARTA - Bharada Richard Eliezer atau Bharada E menjadi terduga sekaligus saksi kunci dalam sangkaan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Bharada E juga telah meminta perlindungan dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Selain Bharada E, ternyata orang tua Bharada E juga kini telah dievakuasi ke suatu tempat yang aman dari kampungnya di Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Mereka harus dipindahkan dalam rangka penjagaan.

"Jadi orang tuanya sehat, orang tuanya dijaga di suatu tempat," kata Pengacara Bharada E, Ronny Talapessy saat dikonfirmasi, Sabtu (13/8/2022).

Ronny enggan membeberkan keberadaan orang tua Bharada E karena untuk menjaga privasi.

Apalagi, orang tua kliennya kini telah berusia lanjut.

"Iya, kasian untuk menjaga privasi. Karena mereka sudah tua," jelasnya.

Lebih lanjut, Ronny menuturkan bahwa pihak kuasa hukum juga telah mengajukan permohonan secara tertulis justice collaborator Bharada E kepada LPSK. Karena itu, mereka juga mengajukan agar ajudan Irjen Ferdy Sambo itu mendapatkan perlindungan bersama keluarganya.

Menurutnya, permohonan itu sudah diajukan secara resmi pihak kuasa hukum saat LPSK memeriksa Bharada E di Rutan Bareskrim Polri pada Jumat (12/8/2022).

Dia bilang, perlindungan Bharada E menjadi penting karena kliennya merupakan saksi kunci dalam kasus tersebut.

Bharada E dan Orang Tua Tunjuk Ronny Talapessy Jadi Pengacara Baru karena Merasa Nyaman

"Jadi kemarin pemeriksaan LPSK terkait dengan permohonan yang diajukan secara tertulis yang terkait dengan justice collaborator karena anggapan kami saudara Bharada E merupakan saksi kunci atau saksi penting lah. Jadi yang disampaikan merupakan perlindungan terhadap Bharada E dan perlindungan kepada keluarga," ungkapnya.

Di sisi lain, Ronny tak memaparkan secara rinci apakah ada ancaman yang dialami Bharada E dan keluarga.

Rumah Bharada E di Kelurahan Mapanget Barat, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara nampak sepi.Rumah Bharada E di Kelurahan Mapanget Barat, Kecamatan Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara nampak sepi. (Tribun Manado/Nielton Durado)

Namun, perlindungan terhadap mereka diharapkan untuk memastikan kasus tersebut bisa terus berlanjut hingga ke proses persidangan.

"Kita ini harus berhati-hati. Sebagai lawyer RE ini, Richard Eliezer ini saya harus memastikan juga mengenai keselamatan klien saya kan. Terus ke depannya kita fokus mengawal sampai ke proses pengadilan dan kami berharap pengadilan dalam hal ini dengan konstruksi hukum yang ada bisa meringankan atau bisa menguntungkan klien kami," pungkasnya.

Comments