Penerbangan ke Arah Timur Bikin Jet Lag Lebih Parah, Mitos atau Fakta?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Penerbangan ke Arah Timur Bikin Jet Lag Lebih Parah, Mitos atau Fakta?

Penerbangan ke Arah Timur Bikin Jet Lag Lebih Parah, Mitos atau Fakta?

KEPONEWS.COM - Penerbangan ke Arah Timur Bikin Jet Lag Lebih Parah, Mitos atau Fakta? BAGI Kamu yang hobi jalan-jalan, pesawat mungkin menjadi salah satu moda transportasi yang sering digunakan. Perjalanan melalui jalur udara kerap dipilih karena dapat mengefektifkan waktu, terutama un...

BAGI Kamu yang hobi jalan-jalan, pesawat mungkin menjadi salah satu moda transportasi yang sering digunakan. Perjalanan melalui jalur udara kerap dipilih karena dapat mengefektifkan waktu, terutama untuk tujuan jarak jauh. Namun, pernahkah Kamu merasakan kantuk dan kelelahan secara fisik ketika sampai di tempat tujuan? Inilah yang disebut dengan jet lag.

Hal ini ditandai adanya ketidakmampuan menyelaraskan dengan waktu lokal selama berhari-hari. Berdasarkan laporan cnn.com, ada studi dari para peneliti di University of Maryland yang menunjukkan jet lag lebih buruk terjadi setelah bepergian ke Timur.

Sering Jet Lag di Pesawat? Cara Ini Bisa Usir Mual dan Mabuk Selama Penerbangan

Menurut berita tersebut, jet lag merupakan gangguan jam sirkadian otak (brain circadian clock) yang memungkinkan organisme mengoordinasikan fungsi biologis (seperti tidur) dengan lingkungan di sekitarnya.

Kabin pesawat. (Foto: Suhyeon Choi/Unsplash)

Sel di hipotalamus atau dikenal juga sebagai sel alat pacu jantung menjaga ritme tubuh kita. Namun, saat melewati banyak zona waktu, sel tidak dapat dengan cepat membentuk ritme baru. Akibatnya, seseorang akan mengalami pusing saat sel bekerja untuk menyesuaikan.

Unik, Pria Ini Buat Perahu Pembelah Sungai Berbentuk Ritsleting

Rekan penulis studi ini Michelle Girvan menunjukkan bahwa ritme sirkadian orang rata-rata sedikit melebihi 24 jam, sekira 30 menit. Saat bepergian melewati zona waktu, terutama ke wilayah Timur, ritme sirkadian akan bergabung dengan 30 menit ekstra tersebut.

Comments