Penemu Vanadium - Andrs Manuel del Ro

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu Vanadium - Andrs Manuel del Ro

Penemu Vanadium - Andrs Manuel del Ro

KEPONEWS.COM - Penemu Vanadium - Andrs Manuel del Ro Vanadium ialah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang V dan nomor atom 23. Salah satu senyawa yang mengandung vanadium antara lain vanadium pentaoksida (V2O5).Vanadium juga...
Andr s Manuel del R oVanadium ialah salah satu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang V dan nomor atom 23. Salah satu senyawa yang mengandung vanadium antara lain vanadium pentaoksida (V2O5).Vanadium juga merupakan Logam mulia yang cukup keras, Logam ini hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu.

Vanadium ditemukan pada tahun 1801 oleh seorang ilmuwan dan naturalis Spanyol - Meksiko yang bernama Andr s Manuel del R o Fern ndez(10 November 1764 - 23 Maret 1849).

Andr s del R o belajar kimia analitik dan metalurgi di Spanyol, di mana dia dilahirkan. Dia mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Alc la de Henares pada tahun 1780. Pemerintah memberinya beasiswa untuk memasuki Sekolah Pertambangan di Almaden, Spanyol, di mana dia menunjukkan kemampuan yang hebat. Kemudian dia pindah ke Paris, di mana dia belajar di bawah ahli kimia Jean Darcet. Dia melanjutkan studinya di Freiberg, Jerman, di bawah arahan Abraham Gottlob Werner. Di Freiberg dia mengenal Baron Alexander von Humboldt. Dia kemudian kembali ke Paris sebagai mahasiswa Antoine Lavoisier. Selama Lavoisier Revolusi Prancis, yang dianggap sebagai pendiri kimia modern, dieksekusi pada guillotine. Del R o terpaksa melarikan diri ke Inggris. Dia juga berkolaborasi dengan Abb Ren Just Ha y, yang dianggap sebagai pendiri kristalografi.

Dia ialah anggota pendiri College of Mines, dan meletakkan dasar untuk Institut Geologi Universitas Meksiko ketika ini. Dia merupakan anggota Royal Academy of Sciences di Madrid, The Wernerian Natural History Society of Edinburgh, Royal Academy of Sciences of France, the Economic Society of Leipzig, the Linnean Society of Leipzig, Royal Academy of Saxony and Philosophical Society Dari Philadelphia Dia juga presiden Geological Society of Philadelphia dan Lyceum Natural History of New York.

Penemuan vanadium

Pada tahun 1803, ketika memeriksa sampel mineral yang dikirim kepadanya oleh tambang Pur sima del Cardenal di Zimap n di negara bagian Hidalgo, del R o sampai pada kesimpulan bahwa ia telah menemukan unsur logam baru. Ia menyiapkan banyak sekali senyawa unsur, dan mengamati beragam warnanya, ia menamai unsur tersebut pancromium.

Setelah diamati ternyata senyawa tersebut berubah warna menjadi merah ketika dipanaskan, ia mengganti elemen tersebut dengan nama eritronium. ( Eritros berarti merah dalam bahasa Yunani.) Tahun berikutnya dia memberi contoh yang berisi unsur baru Alexander von Humboldt, yang mengirim mereka ke Hippolyte Victor Collet-Descotils di Par s untuk analisisnya.

Contoh vanadiumContoh vanadiumAnalisis Collet-Descotils menemukan (secara keliru) bahwa sampel hanya mengandung kromium. Humboldt, pada gilirannya, menolak klaim del R o perihal penemuan elemen baru, dan del R o sendiri menyimpulkan bahwa telah menjadi kesalahan dalam penemuannya.

Pada tahun 1830, 29 tahun setelah penemuan awalnya, Profesor Nils Gabriel Sefstr m dari Swedia menemukan kembali unsur tersebut. Dia memberinya nama unsur yang ketika ini dikenal dengan nama vanadium. Nama Vanadium diberikan untuk menghormati dewi cinta dan kecantikan Skandinavia, Vanadis.

Pada tahun yang sama, Friedrich W hler, ahli kimia Jerman yang telah menyintesis urea, menganalisis beberapa sampel del R o dan membuktikan bahwa vanadium dan eritronium sama. Kemudian ahli geologi AS George William Featherstonhaugh mengusulkan bahwa elemen tersebut harus diberi nama rionium, untuk menghormati penemunya yang asli, namun usul ini tidak diterima.

VanadiumVanadium, 23VPada tahun 1867 kimiawan Inggris Henry Enfield Roscoe mengisolasi logam murni untuk pertama kalinya. Dia menggunakan hidrogen untuk menyingkirkan klorida di sekitar vanadium murni.

Andr s Manuel del R o meninggal pada usia 84 tahun 1849, setelah karir akademisnya yang panjang dan produktif.

Karya ilmiahnya yang luas, selain mengidentifikasi vanadium pertama, termasuk penemuan dan deskripsi banyak sekali mineral dan penemuan metode ekstraksi mineral untuk digunakan di industri pertambangan. Setelah kematiannya, distrik pertambangan penting yang mencakup Batopilas di Chihuahua dinamai untuk menghormatinya. (Sumber)

Tweet

Comments