Penemu Teknologi Perekam - Valdemar Poulsen

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu Teknologi Perekam - Valdemar Poulsen

Penemu Teknologi Perekam - Valdemar Poulsen

KEPONEWS.COM - Penemu Teknologi Perekam - Valdemar Poulsen Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sering mendengarkan musik, baik dari kaset maupun dari CD. Musik yang nikmat didengar di indera pendengaran, tidak luput dari sentuhan teknologi. Pengaruh dari kecangg...

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sering mendengarkan musik, baik dari kaset maupun dari CD. Musik yang nikmat didengar di indera pendengaran, tidak luput dari sentuhan teknologi. Pengaruh dari kecanggihan teknologi ini juga terlihat pada proses pembuatan musik itu sendiri, terutama pada proses perekamannya.
Tokoh yang berjasa dalam menemukan teknologi perekam bernama Valdemar Poulsen. Meski Valdemar Poulsen bukanlah penemu pertama dari teknologi perekam, namun dia telah melakukan pengembangan dan penemuan sistem terbaru sehingga menjadi lebih baik dari penemuan sebelumnya. Penemu Teknologi Perekam - Valdemar PoulsenValdemar Poulsen Sumber Gambar: tecrubelerimiz.com Tonggak penemuan teknologi perekam berawal dari ditemukannya alat phonograph oleh Thomas Edison pada tahun 1877. Alat ini merupakan ujung tombak dimana suara sudah bisa direkam kedalam sebuah alat. Dengan tabung silinder (wax cylinder) yang dibungkus oleh material yang halus seperti lilin, yang merupakan media yang dapat digunakan untuk merekam suara kedalam satu media. Untuk melakukan playback, diharapkan alat yang seperti jarum pada alat phonograph yang diguratkan pada silinder tadi, dan akan menghasilkan getaran yang secara mekanik akan menghasilkan suara pada corong phonograph.
Pada tahun 1877, Emile Berliner juga mengembangkan phonograph menjadi gramaphone. Dengan bentuk yang tidak begitu berubah, hanya sistem rekam yang dahulu vertikal, yang pada saat itu diubah menjadi bentuk horisontal, dan membuat kedalaman alur silinder menjadi lebih konstan. Hingga bentuknya menjadi seperti CD yaitu flat, tidak lagi silinder, dan dinamakan Gramaphone Record / Phonograph Record.
Lonjakan terbesar terjadi pada tahun 1924. Dengan Victor Orthophonic Phonoautograph, peningkatan kualitas dari proses rekaman yang sudah memakai tenaga listrik serta perubahan pada corong yang menghasilkan respon frekuensi yang flat (datar).
Pada tahun 1898, untuk pertama kalinya Valdemar Poulsen menemukan teknik perekam tegak lurus (perpendicular recording). Dia memperkenalkan magnetic recording dengan memakai perangkat telegraphone. Dengan memakai kekuatan magnet, media yang bergerak secara konstan dengan kecepatan yang konstan pula melewati "head" perekam. Sinyal elektrik yang secara analog menjadi suara yang ingin direkam, melewati head tadi dan menghasilkan pola magnet yang serupa dengan sinyal yang menghasilkan suara lebih baik dari teknologi sebelumnya. Valdemar Poulsen di Ruang KerjanyaValdemar Poulsen di Ruang Kerjanya Valdemar Poulsen (1869-1942) ialah seorang insinyur asal Denmark. Selain menemukan dan mengembangkan teknologi perekam, pada tahun 1903 dia juga mengembangkan peralatan yang dapat menghasilkan gelombang-gelombang radio secara terus menerus.
Penemuan ini membantu pengembangan penyiaran radio. Pemancar lengkungnya dapat menghasilkan jangkauan frekuensi alat Singing Arc yang dikembangkan Duddel pada tahun 1900. Alat itu meningkatkan frekuensi dari jangkauan gelombang audio menjadi gelombang radio, memungkinkan pembicaraan dapat dikirim dalam jarak lebih dari 241 kilometer. Pada tahun 1920, alat Poulsen mempunyai kekuatan 1.000 kilowatt dengan jangkauan 4.020 kilometer.


loading...

Comments