Penemu Mesin Jet - Sir Frank Whittle

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu Mesin Jet - Sir Frank Whittle

Penemu Mesin Jet - Sir Frank Whittle

KEPONEWS.COM - Penemu Mesin Jet - Sir Frank Whittle Anda tentunya tahu yang namanya mesin jet? Ya, Mesin Jet sendiri merupakan sebuah mesin yang biasa digunakan untuk pesawat terbang yang biasanya digunakan di keperluan militer ataupun komersil. Mesin...

Anda tentunya tahu yang namanya mesin jet? Ya, Mesin Jet sendiri merupakan sebuah mesin yang biasa digunakan untuk pesawat terbang yang biasanya digunakan di keperluan militer ataupun komersil. Mesin Jet ini merupakan kendaraan yang sangat cepat. Karena sangat cepat maka kebanyakan mesin jet lebih banyak dipakai pada pesawat terbang. Dan dibalik cepatnya mesin jet tersebut, ada seorang yang sangat berjasa dalam ini, dia ialah Sir Frank Whittle yang merupakan orang berkebangsaan Inggris. Penemu Mesin Jet - Sir Frank WhittleSir Frank Whittle Sir Frank Whittle menemukan mesin jet pada tahun 1937, dia ialah seorang opsir pada Royal Air Force atau dalam bahasa Indonesia dapat juga diartikan sebagai Angkatan Udara Kerajaan Inggris. Lalu di tahun yang sama, mesin jet sudah di ciptakan bahkan sudah di uji coba di sebuah pabrik di Jerman yang bernama Heinkel pada bulan Maret tahun 1937.

Sedangkan perancang dari mesin jet yang super cepat tersebut merupakan bernama Von Ohain yang tentunya berasal dari Jerman. Mesin ciptaan Sir Frank Whittle kemudian di kembangkan oleh seorang asal Jerman dan juga sekaligus merupakan desainer dari operasional mesin jet pertama yang bernama Dr Hans von Ohain. Sir Frank Whittle sendiri lahir pada tanggal 1 Juni 1907 di Coventry, Inggris.


Kemudian pada tahun 1930, Sir Frank Whittle mengajukan sebuah permohonan paten secara luas. Lalu Sir Frank Whittle mendapatkan perhatian dan juga dorongan dari Kementrian Udara dan juga dari industri. Lalu setelah Sir Frank Whittle mendapatkan dukungan dari sebuah bank investasi, di tahun 1963 Powers Jets di bangun dan Sir Frank Whittle diberi tugas oleh perusahaan untuk tugas militer khusus untuk menyusun desain dan juga pengembangan mesin jet miliknya (Sir Frank Whittle).
Pada tahun selanjutnya, karena eksperimen pertama memiliki banyak sekali masalah, maka diharapkan untuk rekonstruksi ulang untuk beberapa kali. Pada tahun 1939, akhirnya penemuan atau eksperimen Sir Frank Whittle tersebut diterima dengan baik oleh Kementrian Udara karena Sir Frank Whittle telah memperbaiki mesih tersebut sehingga mesin yang dihasilkan dengan 10 (Sepuluh) ruang pembakaran dilakukan dengan cukup baik.

Kini mesin jet temuan Frank Whittle sudah banyak dipakai oleh pesawat-pesawat baik itu pesawat komersil ataupun pesawat tempur. Frank Whittle si Penemu Mesin Jet kini dianggap sebagai salah satu tokoh paling berjasa dalam dunia penerbangan atau kedirgantraan berkat mesin temuannya.


Sumber: http://www.penemu.co/

Comments