Penemu Komputer Laptop atau Notebook

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu Komputer Laptop atau Notebook

Adam Osborne - Penemu Komputer Laptop NotebookAdam Osborne merupakan penemu notebook atau komputer jinjing. Pria yang lahir tahun 1939 ini merupakan spesialis komputer yang menghadirkan produk nyata dari ide yang disebut sebagai komputer yang mampu dibawa. Karya ciptanya ini kemudian dikenal sebagai laptop atau notebook yang kini banyak digunakan orang pada era modern ini.

Kecintaan Adam Osborne terhadap dunia teknologi memang sudah berlangsung cukup lama. Pria yang dilahirkan di Thailand ini awalnya tidak akan mengira bisa menciptakan sebuah perangkat yang punya pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi. Namun, ternyata gagasannya dalam menciptakan komputer portable telah membawa namanya menjadi terkenal.

Adam Osborne - Penemu Komputer Laptop NotebookAdam Osborne merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia teknologi. Beliau dikenal sebagai penemu laptop alias penemu komputer jinjing. Berkat beliau, manusia di era modern mampu melakukan tugasnya dengan komputer dimanapun. Tidak perlu lagi duduk di depan komputer besar yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Berkat laptop, semua menjadi lebih mudah dan fleksibel.

Lantas, siapa sebenarnya Adam Osborne? Penemu laptop ini merupakan seorang lulusan Universitas Birmingham. Dia juga lulus dari University of Delawar dengan gelar Ph.D. Pria yang lahir pada tanggal 6 Maret 1939 ini berprofesi sebagai komputer desainer dan pendiri banyak sekali perusahaan ternama. Ia pun dikenal pencipta software dan sebagai penulis buku.

Adam Osborne - Penemu Komputer Laptop NotebookAwalnya, Adam Osborne tidak terpikirkan untuk membuat komputer yang bisa dijinjing. Namun, ia terinspirasi oleh Alan Kay. Ketika itu, Alan Kay-lah orang yang pertama memiliki ide perihal sebuah konsep komputer jinjing. Tahun 1970-an, Alan Kay mencetuskan ide komputer jinjing ini. Dan Adam Osborn menyambut baik ide dari pria kelahiran 17 Mei 1940 tersebut. Osborn menciptakan sebuah komputer jinjing yang disebut Osborne 1. Perlu diketahui, ketika pembuatan Osborne 1, belum ada istilah laptop atau notebook. Ketika itu, Alan dan Osborne menyebut konsepnya sebagai komputer yang bisa dibawa kemanapun.

Proyek Osborne 1 dirilis pada April 1981. Komputer ini diterbitkan oleh Osborne Computer Corporation, perusahaan yang memang didirkan oleh Adam Oborne. Komputer Osborne 1 sendiri memiliki berat 10,7 kg. Dan ketika itu harga komputer ini ialah Rp 16 juta. Tentu saja nilai Rp 16 juta ketika itu merupakan nilai yang cukup tinggi. Karena harganya yang mahal tentu tidak semua orang membeli perangkat ini. Apalagi perangkat ini terlihat memiliki bentuk yang aneh dengan layar 5 inch yang diusungnya. Meskipun terlihat aneh Osborne 1 cukup menarik perhatian. Terlebih perangkat ini juga sudah mendukung sambungan listrik, adanya baterai cadangan, modem port, keyboard, dan juga penyimpanan data floppy drive 5 ΒΌ in yang berjumlah dua.


Comments