Penemu Kemoterapi - Paul Ehrlich

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu Kemoterapi - Paul Ehrlich

Penemu Kemoterapi - Paul Ehrlich

KEPONEWS.COM - Penemu Kemoterapi - Paul Ehrlich Kemoterapi ialah terapi pemberian senyawa kimia (obat) untuk mengurangi, menghilangkan, atau menghambat pertumbuhan parasit atau mikroba di tubuh manusia. Kemoterapi dapat digolongkan dalam banyak pem...

Kemoterapi ialah terapi pemberian senyawa kimia (obat) untuk mengurangi, menghilangkan, atau menghambat pertumbuhan parasit atau mikroba di tubuh manusia. Kemoterapi dapat digolongkan dalam banyak pembagian terstruktur mengenai diantaranya ada kemoterapi untuk kanker, kemoterapi antiamuba, kemoterapi antelmintik (obat cacing), kemoterapi antimalaria, kemoterapi antifungal (obat jamur), dan sebagainya.
Paul Ehrlich ialah orang yang telah berjasa menemukan metode pengobatan ini. Paul Ehrlich lahir di Strehlen, Jerman, pada 14 Maret 1854 dari pasangan Ismar Ehrlich dan Rosa Weigert. Ketika masih sekolah, prestasi Paul tidak begitu menonjol, bahkan tergolong rendah. Tercatat hanya nilai bahasa latin dan matematika saja yang cukup tinggi. Penemu Kemoterapi - Paul EhrlichPaul Ehrlich Ketika kuliah di universitas pu, prestasi Paul biasa- biasa saja. Namun prestasi akademik yang buruk itu bukan karena Paul bodoh. Namun lebih disebabkan karena kurangnya waktu belajar. Waktu Paul memang lebih banyak tersita karena kegemarannya mencoba bermacam-macam zat warna untuk mewarnai jaringan tubuh yang masih hidup. Dibenaknya bergelora impian untuk menemukan sesuatu yang dapat membunuh bibit-bibit penyakit dalam tubuh manusia tanpa merusak jaringan tubuh.
Paul berkeyakinan bahwa bibit penyakit tertentu hanya menyerap zat warna (kimia) tertentu. Bila bibit penyakit itu menyerap zat kimia tertentu lain, bibit penyakit itu akan mati. Hasil jerih payah Paul itu akhirnya membuahkan hasil. Pengobatan dengan zat kimia yang disebut kemoterapi inilah salah satu temuan yang membuat namanya terkenal. Penemu Kemoterapi - Paul EhrlichPaul Ehrlich di Laboratoriumnya Berkat kegigihannya, Paul Ehrlich berhasil meraih gelar doktor pada usia 24 tahun. Tidak hanya itu, pada tahun 1908 dia meraih Penghargaan Nobel di Bidang Kedokteran dan Fisiologi. Paul Ehrlich memang sosok ilmuwan yang gigih. Dia mempersembahkan penemuannya itu untuk kepentingan umum dan kemanusiaan. Dia sama sekali tidak mengaitkan penemuannya dengan uang. Wajar bila dia mendapatkan penghargaan itu. Paul Ehrlich meninggal dunia pada usia 61 tahun pada 20 Agustus 1915 di Hamburg, Jerman.


Comments