Penemu Aliran Listrik Pertama di Dunia - Michael Faraday

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu Aliran Listrik Pertama di Dunia - Michael Faraday

Penemu Aliran Listrik Pertama di Dunia - Michael Faraday

KEPONEWS.COM - Penemu Aliran Listrik Pertama di Dunia - Michael Faraday Penemu listrik pertama di dunia itu sebenarnya siapa sih? Nah, diartikel kali ini saya tuliskan mengenai sejarah dari awal sekali bagaimana dan siapa penemu yang sesungguhnya. Ok, bila dilihat dari se...

Penemu listrik pertama di dunia itu sebenarnya siapa sih? Nah, diartikel kali ini saya tuliskan mengenai sejarah dari awal sekali bagaimana dan siapa penemu yang sesungguhnya. Ok, bila dilihat dari sejarah awalnya penemuan listrik maka nama patut dituliskan merupakan Thales. Ia merupakan seorang cendikiawan Yunani yang menemukan fenomena dari batu ambar, yaitu arus listrik yang terjadi ketika batu ambar digosok-gosok akan bisa menarik bulu. Bertahun-tahun kemudian setelah penemuan Thales di kemukakan, barulah bermunculan teori dan pendapat mengenai kelistrikan seperti oleh Ampere, Michael Faraday, Oersted, Willian Gilbert, Charles De Coulomb, Joseph Priestley, dan lain-lain. Penemu Aliran Listrik Pertama di Dunia - Michael FaradayMichael Faraday Dari nama-nama para jagoan terbaik dibidang kelistrikan diatas, kita tetap harus mengingat satu nama yang paling memiliki jasa dan merupakan perintis dalam hal penelitian mengenai magnet dan listrik (awal cikal bakal teori penemu listrik). Yang mungkin pula bisa sebagai nominasi penemu listrik pertama dunia. Namanya ialah Michael Faraday yang merupakan ilmuan kelahiran inggris pada tanggal 22 September 1971, di Newington Butts Inggris. Memiliki seorang ayah tukang besi yang harus menafkahi kesepuluh anaknya. Karena itu tak heran ayahnya tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya termasuk juga Faraday. Di umur 14 th Faraday sudah membantu keluarganya dengan berkerja penjilidan buku serta menjual buku. Di saat senggang ia pun sempatkan untuk membaca bermacam macam buku, terutama buku wacana IPA, Kimia, dan Fisika.
Diumur 20 tahun, iapun ikut mendengarkan sejumlah ceramah oleh ilmuwan inggris terkenal. Diantaranya ialah oleh Sir Humphry Davy yang merupakan ahli kimia dan juga seorang kepala laboratorium dari Royal Institution. Setiap ceramah yang diikutinya, Faraday selalu membuat suatu catatan dgn teliti kemudian menyalinnya lagi. Salinan catatan yang telah ia buat dengan rapi sedemekian rupa itulah yang ia kirim ke Humphry Davy dan dilampiri pula surat lemaran pekerjaan. Tertarik dengan hasil kerjanya, sang dosenpun mengangkat Faraday menjadi asistennya di Lab Universitas yang terkenal di kota London. Usianya pada saat itu baru 21 tahun. Berada dibawah bimbingannya Davy, Faraday pun mengalami kemajuan yang pesat. Pada mulanya dia bekerja sbg pencuci botol saja, tapi karena gigihnya dalam belajar ia dalam waktu yang singkat membuat suatu penemuan baru hasil kreasi sendiri. Penemuannya itu berupa dua senyama kloro-karbon serta sukses membuat gas klorin seta gas lainnya menjadi cair. Karena kepandaianya itu, ia bisa berhubungan dgn ahli-ahli ternama seperti Andre Marie Ampere. Ia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama, dimana dikesempatan itu ia mulai meningkatkan ilmu pengetahuan yang teoritis dan praktis. Davy ialah sosok yang memiliki pengaruh besar pada pemikiran-pemikiran Faraday yang menghasilkan penemuan - penemuan listrik. Pada tahun 1821, Faraday mengemukakan sebuah penemuan pertamana yang penting didunia kelistrikan. 2 th sebelum tahun itu, Oersted sudah memecahkan bahwa jarum dari kompas magnet umumnya bisa beralih bila peredaran listrik mengalir dikawat yg tak saling menjauhi. Atas temuan tersebut, Faraday membuat doktrin, bila magnet didekatkan, yg berjalan malah sang kawat. Bereaksi pada permikiran awal ini, ia sukses membangun sebuak rangkaian yg kentara dimana kawat bakal secara berkelanjutan memutar berapit dgn magnet selama peredaran listrik masih mengalir dikawat.
Bukti penemu listrik. Sebenarnya, dlm kenyataan tersebut Faraday telah menciptakan motor listrik yg pertama didunia, yaitu sebuah rangkaian pertama yg memakai peredaran listrik sebagai sumber penggerak benda. Bagaimanapun anggapan bahwa penemuannya primitif, tetapi tidak dapat dipungkiri merupakan cikal bakal atas seluruh motor listrik yg dipakai pada zaman sekarang. Semenjak temuannya yg pertama di th 1821, Michael Faraday yang merupakan seorang ilmuwan otodidak, mulai dikenal namanya. Penemuannya tersebut telah diakui menjadi gerbang utama menuju era modern kelistrikan.
Saat melakukan banyak sekali percoban di tahun 1831, sang penemu listrik mendapati bahwasannya apabila magnet dilewati potongan kawat, maka peredaran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnetnya berjalan. Kondisi tersebut dinamai pengaruh elektromagnetik yg juga temuan tersebut diberi nama Hukum Faraday . Temuan tersebut diakui sbg temuan yg bersejarah. Kenapa? Satu, Hukum Faraday mempunyai makna besar dlm perpautannya dgn pemahaman teoritis kita ttg elektromagnetik. Dua, elektromagnetik bisa dipakai sbg pengerak yg secara berkelanjutan atas peredaran arus listrik sebagaimana yg dipraktekkan Faraday ketika membuat dinamo listrik untuk pertama kalinya.
Kepribadian penemu listrik pertama. Dgn bermacam-macam penemuannya itu, maka tidaklah membual bila Sang Penemu Listrik disebut sebagai satu diantara tokoh yg sudah memberikan sumbangsih keilmuan yang terbesar bagi umat manusia. Dia orang yg begitu sederhana, orang giat belajar dgn autodidak hingga menjadi seorang penemu. Bukti sosok sederhananya dia, telah ditunjukkannya dengan menolak pemberian gelar bangsawan serta menolak dijadikan sebagai ketua British Royal Society. Disebabkan perihal kesehatan, Michael Faraday baru menghentikan penelitiannya. Namun demikian, dia tetap terus bekerja menjadi dosen hingga 1861. Diapun wafat di tgl dua puluh lima agustus 1867, dan dikebumikan di Inggris dekat dengan kota London. Demikian agan-agan sekalian, semoga sejarah Penemu Listrik ini menambah pengetahuan kita ya.
Sumber: http://elektronikadasar.info/

Comments