Penemu AC (Air Conditioner) - John Gorrie

Tokoh

Ragam / Tokoh

Penemu AC (Air Conditioner) - John Gorrie

Penemu AC (Air Conditioner) - John Gorrie

KEPONEWS.COM - Penemu AC (Air Conditioner) - John Gorrie AC merupakan sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu ruangan yang digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan tergantung pada sifat udara pada waktu terten...

AC merupakan sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembaban suatu ruangan yang digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu. Konsep pendingin udara telah diterapkan di masa Romawi kuno dan Persia pada abad pertengahan. Penemu AC (Air Conditioner) - John GorrieJohn Gorrie Air Conditioner atau AC pertama kali ditemukan oleh John Gorrie. Dia ialah seorang dokter, ilmuwan, dan penemu yang lahir di Pulau Nevis, Kepulauan Leeward, Hindia Barat, pada tanggal 3 Oktober 1803. Dia menghabiskan masa kecilnya di Carolina Selatan. Dia mendapatkan pendidikan medisnya di College of Physicians and Surgeon of The Western District of New York di Fairfield, New York. Pada tahun 1833, dia pindah ke Apalachicola, Florida, sebuah kota pelabuhan di pantai Teluk. Serta menjadi dokter residen di dua rumah sakit.
Berawal dari banyaknya pasien John Gorrie yang menderita malaria dan disertai dengan demam tinggi, suhu ruangan yang panas membuat pasien-pasiennya merasa tidak nyaman. Selain itu, ada sebuah teori mengatakan bahwa kondisi udara yang buruk akan meyebabkan penyakit. Dia kemudian melakukan sebuah usaha untuk mendinginkan ruangan pasien dengan cara menyimpan bongkahan es ke dalam sebuah baskom kemudian digantung di langit-langit ruangan. Setelah itu, dia menggunakan kipas angin sehingga hawa dari bongkahan es yang ada di dalam baskom itu bisa menyebar dan mendinginkan ruangan pasien.
Cara ini menurut John Gorrie tidak efektif karena bongkahan es dapat mencair dan juga bongkahan es itu dibawa menggunakan perahu dari tempat yang jauh di danau bagian utara, sehingga Gorrie bereksperimen untuk membuat es buatan.
Pada tahun 1845, John Gorrie berhenti melakukan praktek medis dan kemudian berkonsentrasi pada proyek pembuatan alat pendingin ruangan. Selama enam tahun, dia terus berusaha merancang dan membuat mesin pendingin. Tahun 1851, John Gorrie berhasil menciptakan mesin pembuat es pertama yang kemudian menjadi cikal bakal AC atau Air Conditioner.
Karena kondisi keuangannya yang buruk, John Gorrie berusaha mengumpulkan uang untuk memproduksi mesin temuannya. Namun karena banyaknya kritik terhadap dirinya, selain itu kondisi kesehatannya yang buruk dan terus menurun, John Gorrie akhirnya meninggal dunia pada tanggal 29 Juni 1855 di tempat pengasingannya sehingga mesin penemuannya gagal dikembangkan.
Mesin temuannya kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Willis Carrier yang kemudian dikenal sebagai penemu AC (Air Conditioner) modern pada tahun 1902.

Comments